JUM’AT LITERASI, TELKOMSEL GOES TO SMK VISKA “MENATA HIDUP AGAR LEBIH BERMAKNA”

Jum’at pagi berkabut mendung dan di luar gerimis masih rintik, tapi tak menyurutkan semangat siswa siswi SMK Negeri 6 Surakarta untuk mengikuti Jum’at Tema pagi ini. Bertempat di lapangan tengah, tepatnya depan perpustakaan WIJANG, duduk lesehan dengan beralaskan terpal pun tak jadi apa. Agenda pagi ini, Jumat 19 Januari 2024 adalah Jum’at Literasi dengan mengundang tamu Bapak Akhmad Agus Rifai sebagai Manager Mobile Costumer Branch Telkomsel Surakarta, beserta beberapa Staff dan Kru.

Pada sesi pembukaan, beliau sangat mengapresiasi semangat dan motivasi para siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Pak Rifai memulai dengan perkenalan dan menceritakan riwayat hidup dari saat masih serba kekurangan hingga kini bisa hidup mapan, sungguh kisah nyata kesuksesan yang sangat menyentuh dan menginspirasi, nampak dari antusiasme siswa saat mendengarkan dan menyimak dengan seksama.

Lanjut ke inti materi motivasi, Pak Rifai menekankan bahwa dalam hidup agar bisa survive, yang harus dilakukan adalah menata atau me-manage dengan 4 Fungsi Manajemen yang menjadi rangkian proses yang dilalui untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yang biasa disingkat dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) atau Perencanaan, Pengorganisasian, Pengimplementasian dan Pengawasan.

 

Kegiatan Planning melingkupi penetapan tujuan dan penentuan langkah bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Actuating adalah peran dalam mengarahkan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan organisasi. Dan Controlling, adalah memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana.

Lanjut beliau, setelah mengenal tentang fungsi manajemen maka kita harus memahami tentang Strategi pemasaran secara tepat dan efektif untuk meningkatkan penjualan di target market. Strategi pemasaran biasa disingkat 4P meliputi Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (distribusi).

 

Product, bisa dibilang sebagai bagian penting dari sebuah usaha, tapi produk tidak hanya berfokus yang berwujud saja melainkan yang tidak berwujud seperti organisasi, layanan dan ide. Price, adalah nilai yang harus diberikan oleh pembeli untuk memiliki produk, dan komponen ini berpengaruh terhadap penjualan produk. Biasanya calon pelanggan akan membandingkan produk terhadap kompetitor lebih dahulu dan berikutnya mereka akan menjadikan harga menjadi tolok ukurnya. Promotion, memiliki dua tujuan yang dapat kamu capai, pertama untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis dan memberi tahu orang mengenai usaha. Dan yang terakhir adalah Place, lokasi yang strategis maksudnya ramai dikunjungi orang atau biasanya tempat tersebut ramai dilalui orang.

Diakhir pemaparannya, Pak Rifai dengan sedikit candaan menjelaskan semua hal tadi bisa terwujud hanya dengan UUD (Ujung Ujungnya Duit), namun DUIT yang dimaksud bukan uang atau materi, melainkan singkatan dari Doa, Usaha, Istiqomah dan Tawakkal. Dan kunci dari segala aktifitas hidup kita yang terpenting adalah doa dan ridho dari orang tua, berusaha tanpa lelah, fokus kedepan dan serahkan seluruh hasilnya kepada Allah.

Selaian ilmu dan strategi dalam usaha yang didapatkan, pihak Telkomsel juga menawarkan beberapa produk dengan banyak kemudahan dan bonus antara lain Promo Kaget by.U dengan potongan harga yang cukup bersahabat bagi kantong pelajar.

 

Penulis: Zainal Arifin