HARVAKARA KEBAHAGIAAN DAN KEGEMBIRAAN DALAM HARI JADI SMK NEGERI 6 SURAKARTA YANG KE-56

Surakarta, 17 Januari 2024. SMK Negeri 6 Surakarta merayakan hari jadi yang Ke-56.  Dalam perayaannya, SMK Negeri 6 Surakarta mengadakan Gelar Karya dan Pentas Seni dengan tema “Kebahagiaan dan Kegembiraan Sepanjang Masa”.  Kegembiraan dan kebahagiaan yang dirasakan seluruh warga SMK Negeri 6 Surakarta, menjadikan mereka berkumpul jadi satu dengan penuh kebahagiaan.

Selamat datang di SMK Negeri 6 Surakarta, begitu memasuki halaman depan terpampang papan sambut yamg telah dihias sedemikian rupa untuk menyambut kegembiraan di hari jadi SMK Negeri 6 Surakarta yang ke-56 ini.  Hari jadi yang ke-56 ini, SMK Negeri 6 Surakarta menggelar karya dan Pentas seni yang diadakan selama dua hari yaitu tanggal 17 dan 18 Januari 2024.

Sekilas pandang tentang SMK Negeri 6 Surakarta.  SMK Negeri 6 Surakarta dahulu bernama Sekolah Menengah Ekonomi Atas SMEA Negeri 3 Surakarta yang menempati bekas gedung Ho Hop Heve di JL. Urip Sumoharjo No.55 Surakarta. Pada periode berdirinya tahun 1967, sekolah ini masih berstatus sebagai sekolah swasta dengan nama SMEA Kota Madya. Pada akhir tahun 1967 dikeluarkan permohonan pada pemerintah agar diubah statusnya menjadi sekolah negeri dan permohonan tersebut dikabulkan dengan diterbitkannya SK No. 103UKK368. Sehingga mulai tanggal 1 Januari 1968 sekolah ini ditetapkan menjadi SMEA Negeri 3 Surakarta dengan kepala sekolah Bapak Marwan. Pada akhir tahun 1976 SMEA Negeri 3 Surakarta pindah dari JL. Urip Sumoharjo ke JL. LU. Adisucipto No. 38 Surakarta sampai sekarang. Merujuk kepada keputusan Mendikbud No. 36O1997, pada tahun 1997 SMEA Negeri 3 Surakarta diubah menjadi SMK Negeri 6 Surakarta sampai sekarang. Program keahlian yang terdapat di SMK Negeri 6 Surakarta adalah: Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis, Bisnis Daring dan Pemasaran, Usaha Layanan Pariwisata, dan Desain Komunikasi Visual, Broadcasting dan Perfilman, Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim.

Rabu, 17 Januari 2024, hari pertama dalam rangkaian kegiatan hari jadi SMK Negeri 6 Surakarta yang ke-56.   Hari pertama ini disambut dengan keceriaan.  Rangkaian kegiatan yang pertama sambutan Kepala SMK Negeri 6 Surakarta oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. MPd.  Dengan penuh semangat Ibu Kepala Sekolah memberikan pekik semangat yang menjadi jargon SMK “SMK bisa SMK hebat SMK Bisa Hebat  SMK Negeri 6 Surakarta Jaya yang ditirukan oleh seluruh warga SMK Negeri 6 Surakarta.

Rangkaian acara selanjutnya diambil alih oleh pembawa acara yang kali ini dipimpin oleh Kania, Dinda, dan Gania.  Berikut beberapa rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari jadi SMK Negeri 6 Surakarta yang ke-56. Kegiatan-kegiatan itu antara lain :

  1. Gelar Karya dan Pentas Seni

Gelar Karya dan pentas Seni ini menampilkan kreasi dan seni dari masing-masing kelas dan ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 6 Surakarta.  Diantaranya:  Pentas tari Merak, pentas Drama teater, Hadroh dan menyanyi.

2. Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi

Bekerja sama dengan lembaga PMI Kota Surakarta dan beberapa dinas kesehatan serta puskesmas terdekat, PMR SMK Negeri 6 Surakarta mengadakan pemeriksaan kesehatan gigi dan donor darah yang bisa diikuti oleh semua warga SMK NEGERI 6 Surakarta dan masyarakat Umum yang ingin truut serta.  VivoHaska sebagai salam dan slogan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) SMK Negeri 6 Surakarta turut serta mewarnai semarak HUT ke 56 SMK Negeri 6 Surakarta sebagai wujud partisipasi dalam misi kemanusiaan.

3. Bazaar dan jajanan Tradisonal

Keceriaan dan kegembiraan menyelimuti hati seluruh warga sekolah, selain ada hiburan di acara hari jadi SMK Negeri 6 Surakarta ini juga ada stand-stand yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang lezat, murah dan menyehatkan.  Stand bazar jajanan terpusat di depan SMK Negeri 6 Surakarta.  Jajanan yang disediakan pun beraneka ragam: Corndog, Baso Aci, Cilok, Crepes, Telur Gulung, Es Teh Jumbo, Aneka Juice dan minuman serta Durian.  Harga yang ditawarkan pun relatif murah dan terjangkau.

Itulah keseruan dalam perayaan ulang tahun SMK Negeri 6 Surakarta pada hari pertama tanggal 17 Januari 2024.

Berlanjut pada keceriaan dan kebahagiaan dalam peringatan hari jadi SMK Negeri 6 Surakarta pada hari kedua. Mau tahu keceriaan dan kebahagiaan selanjutnya? ikuti terus yuk keceriaan kami….

  1. Upacara Bendera

Upacara dalam rangka peringatan hari ulang tahun SMK Negeri 6 Surakarta yang ke-56 ini berbeda dari yang sebelumnya.  Seluruh warga sekolah mengenakan pakaian adat nusantara.  Petugas upacara semua dari bapak ibu guru karyawan.  Upacara berjalan dengan khidmat dan lancar.  Dalam Upacara Bendera bertugas sebagai Pembina upacara adalah Ibu kepala Sekolah Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si,M.Pd.  Sebagai Pemimpin Upacara adalah bapak Sri Waluya,S.Pd.

Setelah kegiatan upcara bendera selesai semua warga sekolah diarahkan untuk menuju halaman tengah sekolah untuk mengikuti puncak acara HUT SMK Negeri 6 Surakarta yang ke-56.

2. Gelar Karya dan Pentas Seni

Di halaman tengah sekolah sudah disiapkan panggung dan meja kursi untuk tamu undangan.  Dalam kegiatan ini pihak sekolah mengundang Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Cabang Dinas Wilayah VII, Kepala Sekolah dari sekolah terdekat dengan SMK Negeri 6 Surakarta, Pegawai Purna Tugas SMK Negeri 6 Surakarta, Perwakilan Dunia Industri dan Dunia Kerja, Tokoh masyarakat dan perwakilan orang tua atau wali dari siswa.

Hadir dalam kegiatan dan memberikan sambutan yang pertama adalah Kepala SMK Negeri 6 Surakarta Ibu Dwi Titik Irdiyanti,S.Si,M.Pd.  dalam sambutan beliau memberikan semangat dan ucapan terimakasih atas prestasi dan dedikasi yang sudah dicapai SMK Negeri 6 Surakarta di tahun 2023, dalam sambutan beliau juga memberikan arahan untuk selalu semangat dan mengukir prsetasi di tahun 2024 ini sehinga jargon SMK Negeri 6 Surakarta Jaya bisa terrealisasi.  Untuk sambutan yang kedua adalah Drs. Agus Triyanto, M.Si selaku kepala Cabang Dinas Wilayah 7.  Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi atas prestasi-prestasi yang telah diperoleh oleh SMK Negeri 6 Surakarta baik dari kategori guru maupun siswa.  Baliau juga memberi semangat dan arahan untuk selalu berbuat baik dan berprestasi untuk pendidikan di Indonesia umumnya dan khususnya di Surakarta.

Gelar karya dan pentas seni dalam rangka memeriahkan HUT SMK Negeri 6 Surakarta yang ke-56 adalah menampilkan karya seni dari siswa dan guru.

Gelar karya yang pertama tampil adalah dari ektrakurikuler Paskibra SMKN 6 Surakarta.  Penampilan yang membuat penonton bertepuk tangan karena dengan disiplin dan kreatif siswa menampilkan atraksi persatuan baris berbaris yang luar biasa.

Penampilan yang kedua adalah tari wonderland yaitu tari yang merupakan kolaborasi dari beberapa tari nusantara yang dibawakan oleh guru. Tepuk tangan yang meriah untuk penampilan dari tari tersebut yang menakjubkan.

Sendratari Ramayana dengan judul Sinto Ilang.  Sendratari ini dikuti oleh kurang lebih 56 siswa dari ektrakurikuler Seni tari yang ada di SMKN 6 Surakarta yang diampu oleh Bapak Tri Purwadi,S.Pd.  Sendra tari yang menghadikaran emosional jiwa yang mengharukan karena begitu indah, menarik, totalitas dari pemainnya. diiringi hujan rintik-rintik semua pemain memainkan perannya dengan penuh dedikasi dan indah serta diiringi tepukan tangan dari penonton atas penampilan yang begitu hebatnya.  Gelar karya dan pentas seni selanjutnya diisi dari beberapa ekrakurikuler yang ada di SMKN 6 Surakarta yaitu Dance,KMVI Band, dan puncak kegiatan adalah pembagian dooprize undian serta penampilan dari IVORY Band.  Semua warga SMK Negeri 6 Surakarta bersatu bersama dalam Kebahagiaan dan Kegembiraan Sepanjang Masa.

Semoga SMK Negeri 6 Surakarta selalu jaya mengukir prestasi lokal, nasional dan internasional dalam dunia pendidikan.  HARVAKARA SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Oleh Tim reportase ; Susilowati ,S.Pd dan Sri Waluya, S.Pd