CERIA BERSAMA DHARMA WANITA VISKA 2024

Hari kamis, 25 april 2024 menjadi momentum yang luar biasa dan dilupakan oleh keluarga viska. Hari yang menjadi sangat istimewa bagi semua anggota Dharma Wanita Persatuan Unsur Pelaksana SMK Negeri 6 Surakarta. Momentum dimana pelaksanaan kegiatan rutin Dharma Wanita, Peringatan hari Kartini, Halal bi Halal sekaligus perpisahan dengan ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan unsur pelaksana SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dra Nanik Isnaeny,M.Si, Ibu Dra. Rumiyati,M.Kons serta Ibu Ari Susilandari,S.Pd,M.Pd yang  telah memasuki masa purna tugas. Kebersamaan yang hangat cerminan silaturahmi yang erat begitu kental terasa. Saling menyapa, bercanda, berpeluk erat menyampaikan kerinduan setelah beberapa waktu tidak bertemu, saling memaafkan, lebur menjadi sebuah keakraban yang sejati.

Acara dimulai pada pukul 12.40 WIB, dibuka oleh pembawa acara ibu Nani Fajarwati, S.Pd. setelah terlebih dahulu para anggota mendengarkan beberapa lagu yang disuguhkan sambil menikmati hidangan makan siang. Beliau menyampaikan susunan acara dengan agenda yang padat serta memandu acara demi acara dengan apik dari awal hingga akhir hingga terlaksana acara siang hari ini dengan sukses. Setelah mengucap Basmallah, tanda pembukaan acara dimulai dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Dharma Wanita dan Ibu Kita Kartini yang dipandu oleh ibu Murtini Rahmawati sebagai dirigen. Acara berikutnya adalah pembacaan doa oleh ibu Dra. Alfayana Army Aryati. Doa khusyuk senantiasa bermunajat kepada Allah SWT untuk selalu melimpahkan rahmat dan hidayahNya agar kita semua bisa menjadi Kartini dan hamba yang tangguh untuk selalu beriman dan bertaqwa. Laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan oleh ketua pelaksana dari kelompok 1, ibu Hartuti, S.Pd., M.Pd. Dilaporkan secara singkat tentang persiapan yang bisa dikatakan hanya beberapa hari menjelang pelaksanaan tetapi dengan mengintensifkan komunikasi melalui grup whatsapp. Kelompok dengan beranggotakan 36 orang yang terdiri dari sebagian kecil anggota Dharma Wanita murni dan ibu-ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta, telah bekerja keras, sama-sama melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin demi terselenggaranya kesuksesan acara pada siang hari ini. Amanat tak kalah penting disampaikan oleh perwakilan anggota yang telah purna. Ibu Dra. Rumiyati, M.Kons senantiasa berpesan kepada kami semua untuk selalu menjaga tali silaturahmi, berdoa untuk kesehatan beliau dan juga Ibu Dra. Nanik Isnaeny serta ibu Ari Susilandari, S.Pd., M.Pd. Yang sangat menyentuh adalah pesan, harapan dan doa beliau agar kita semua bisa termasuk golongan dengan akhir yang baik.

Sambutan terakhir adalah dari ketua Dharma Wanita Persatuan Unsur Pelaksana SMK Negeri 6 Surakarta, ibu Endang Retna Palupi, S.Pd,M.Pd. Beliau menyampaikan: 1. Selamat  Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Sekaligus menyampaikan maaf dari pembina yang tidak dapat hadir. 2. Ucapan Hari kartini, semoga semangat kartini tertanam di hati kita semuanya. Semoga kita dapat meneladani sebagai figur, teladan dan penerus cita-cita Raden Ajeng Kartini, dan sebagai kartini modern sesuai dengan eranya, namun tidak meninggalkan sejarah dan cita-cita luhur RA Kartini. 3. Ucapan terimakasih kepada Ibu Dra. Naniek Isnaeny, Msi., Dra. Rumiyati, MPd, Kons, dan Ari Susilandari, S.Pd, M.Pd, atas jasa dan dedikasinya yang sudah membesarkan nama SMKN 6 Surakarta selama ini. Selamat menikmati purna tugas, semoga sehat selalu, bahagia selalu dan dapat melanjutkan cita-cita yang belum terlaksana karena kendala waktu, pikiran dan tenaga, karena harus memprioritaskan kepentingan dinas.

Selingan dari Viskanada turut mewarnai keceriaan pada pertemuan Dharma Wanita kali ini. Tembang-tembang yang terlantun bernuansa keteladanan pada sosok putri yang mulia, ibu Kartini. Pun persembahan puisi oleh ibu Nurul Yuhana, S.Pd., M.Pd. yang sangat apik penyampaiannya. Sehingga, membuat hadirin terpukau menyimak penampilan ibu Nurul.

Tak kalah seru dengan ilmu yang dibagikan oleh Ustadz Badaruddin Muhammad Khadam, S.Pd., M.Pd. dalam tausiyahnya. Kurang lebih berikut pesan yang disampaikan oleh ustadz Badar. #1

وَسَارِعُوا ….  الَّذِينَ ….(ali Imran 133) bahwa lebaran adalah momen meraih ridha Allah, melalui full sedekah dan jaga amarah (Sabar).

ياأيهاالذينآمنوا اصبروا….(ali Imran 200) tentang maqom Sabar: menerima musibah dengan lapang, tetap memilih taat meski bias saja berbuat jahat, menahan diri dari maksiat, saling memberi maaf jika khilaf. Karena halal bihalal bukan islamisasi, tetapi sebagai manifestasi dalam menjunjung tinggi toleransi.

#2

Kartini: Emansipasi Wanita (berkembang tanpa hilang jati diri). Yakni: istri tetap taat pada suami, menjadi ibu untuk anak sekaligus “Wanita Pelopor kebangkitan Bangsa”.

Ahmas Syauqi:  الأم مدرسة الأولى…. bahwa “Ibu adalah sekolah pertama, jika engkau menyiapkannya, berarti engkau telah menyiapkan lahirnya generasi yang baik budi pekertinya.”

3#

Purna Tugas : وابتغ فيما أتاك الله الدار الآخرة ولا تنسى نصيبك من الدنيا وأحسن كما أحسن الله إليك ولا تبغ الفساد فى الأرض….(al-Qashas 77)

Pesan kepada kita semua terkait memasuki masa purna, sebaiknya selalu ingat untuk meraih akherat, jangan lupakan dunia, senantiasa berbuat baik, serta jangan membuat kerusakan. Karena baik vs buruk jelas beda! إن الحلال بين والحرام..

Kebaikan (akhlaq mulia) vs Keburukan yang mengganjal di hati/ragu dan enggan diketahui oleh orang lain. Oleh karenanya, إستفت قببك! Dhomir Tanya Hatimu!

Doa adalah manifestasi dari penghambaan diri, meskipun memang sarana untuk meminta. Namun, jangan lupa bahwa Allah SWT Maha Mengetahui yang terbaik untuk para hamba meskipun tanpa banyak meminta. Jadi, hendaklah kita banyak-banyak memuji asmaNYA saat sedang berdoa sebagai manifestasi dari penghambaan diri.

Berlanjut pada pengumuman nominasi sepuluh besar lomba keluwesan yang penilaiannya dilakukan secara diam-diam oleh juri yang telah ditentukan. Kesepuluh nominator yang dipanggilpun menampilkan keluwesannya di depan hadirin. Hingga juri dapat menentukan pemenangnya, yaitu: 1. Ibu Tri Haryani 2. Ibu Agus Purnomo 3. Ibu Ema Tri Puspitasari.

Tanpa disangka, pembina Dharma Wanita Persatuan SMKN 6 Surakarta, Ibu Dr. Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. menyempatkan hadir di sela-sela padatnya acara beliau. Sehingga, pada momen berharga ini, beliau sempatkan untuk menyapa, mengingatkan kembali pada para ibu Dharma Wanita agar senantiasa menjadi partner, bersatu padu ikut berjuang mendukung kinerja suami agar tercapai keluarga sejahtera seperti adanya tujuan Dharma Wanita.

Sebelum diakhiri dengan foto bersama, semua yang hadir bergembira bersama dengan mengikuti dance ibu-ibu milenial dan bersalam-salaman. Sehat, sejahtera dan terus menghasilkan karya bagi kita semua, perempuan-perempuan Viska pendukung kepala keluarga. Kartini masa kini, pendukung suami.

Selamat Hari lebaran! Selamat Hari Kartini! Selamat memasuki masa Purna.

Oleh : Hartuti dan Sri Setyaningsih