PELAKSANAAN SERTIFIKASI KOMPETENSI SISWA SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN 2024

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkaitan erat dengan evolusi pendidikan vokasional serta tuntutan pasar kerja yang semakin kompleks dan dinamis. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi siswa merupakan salah satu langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasional secara keseluruhan. Dengan menempatkan fokus pada pengukuran keterampilan praktis dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata, pendidikan vokasional menjadi lebih relevan dan efektif dalam mempersiapkan siswa untuk dunia kerja. Dengan adanya sertifikasi kompetensi siswa akan memberikan standar yang jelas dan terukur terhadap keterampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh lulusan SMK. Hal ini membantu memastikan bahwa setiap lulusan memiliki kemampuan yang setara dan dapat diandalkan.

Pada tanggal 17 sampai dengan 25 April 2024, SMK Negeri 6 Surakarta telah melaksanakan uji sertifikasi kompetensi bagi siswa kelas XII dan XIII melalui LSP SMK Negeri 6 Surakarta. Total asesi yang mengikuti uji sertifikasi kompetensi ini adalah 532 asesi yang terdiri dari 497 asesi kelas XII yang terdiri dari 7 program keahlian yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis,  Pemasaran, Usaha Layanan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim, Broadcasting dan Perfilman serta 35 asesi kelas XIII dari program keahlian Produksi Film dan Program Televisi. Terdapat total 12 skema yang diujikan pada Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi di SMK negeri 6 Surakarta

 

1.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Skema : KKNI Level II pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga

2.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Skema : Okupasi Office Administrative dan Okupasi Staf Administratisi

3.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Pemasaran

Skema : Okupasi Trainee Kasir dan Okupasi Pamuniaga

4.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata

Skema : Okupasi Junior Tour Guide dan Okupasi Junior Ticketing Officer

5.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Desain Komunikasi Visual

Skema : Okupasi Content Creator Junior

6.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

Skema : Okupasi Pemrograman Junior dan Okupasi Asisten Pemrograman Junior

7.Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman (XII) dan Produksi Film dan Program Televisi (XIII)

Skema : Okupasi Asisten Kamera 2 dan Okupasi Asisten Editor 2

Penulis: Prihatin Darsini, S.ST.Par.