“KUCOBA MENGGAPAI SUKSES” Bersama PT. Indonesia Jepang Fajar Abadi

Selasa, 30 April 2024, BKK Cipta Karya Tama mengawali agenda kegiatan bersama dengan PT. Indonesia Jepang Fajar Abadi (IJFA). Sasaran kegiatan ini yaitu kelas XII dan XIII calon tamatan 2024 serta alumni SMK Negeri 6 Surakarta, dengan tujuan menfasilitasi keinginan calon alumni yang ingin mengembangkan karier di luar negeri. PT. Indonesia Jepang Fajar Abadi berdiri pada Oktober 2023 dengan Founder Omochi Shigemi. Dengan kantor pusat Komplek Ruko Kingswood Unit 1 di Jl. Raya Jatibening No. 40, Caman Raya (Depan Sentra Kota), RT. 004, RW. 003, Pondok Gede, Bekasi 17412. 1. Adapun basis trainer center di dua tempat. Yaitu Wonogiri tepatnya di Jl. Tandon No. 37, Giriwono, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah 57613 dan Jogjakarta di Jl. Randu Mejing Wetan, Desa/Kelurahan Ambarketawang, Kec. Gamping, Kab. Sleman, DIY 55294.

Ibu Ria Safitri selaku divisi marketing menyampaikan, PT. Indonesia Jepang Fajar Abadi (PT. IJFA) adalah perusahaan yang bergerak terutama dalam bidang pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Adapun PT. IJFA memiliki tujuan untuk berkontribusi terhadap masyarakat Indonesia dan Jepang melalui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang akan bekerja di perusahaan Jepang. Serta, menjadi perusahaan yang bercahaya sepanjang masa. Beliau menambahkan perusahaan kita mempunyai Visi “Membangun masa depan yang cerah melalui pendidikan”, dengan misi : mendidik generasi muda yang akan menjadi pondasi masa depan Indonesia dan Jepang (Membangun fasilitas pendidikan dan pelatihan bahasa dan budaya Jepang, Melakukan aktivitas pendalaman “saling pengertian” antara Indonesia dan Jepang, Mengembangkan lingkungan dan pendidikan yang mendukung “kerja” dan “keseharian” yang berkelanjutan di Jepang).

Skema yang terdapat pada PT. IJFA ini, menyediakan pelatihan dan pendidikan budaya dan bahasa Jepang sebagai langkah awal untuk siswa, alumni SMK maupun SMA agar dapat bekerja di Jepang. Yang pertama siswa SMK atau SMA yang masih sekolah dari kelas X dengan system sebagai berikut : Kelas Daring & Tatap Muka dengan rincian (Perkenalan Budaya Jepang, Dasar-dasar Bahasa Jepang, Lulus JLPT* level N5). Kedua untuk alumni, dengan kelas tatap muka (Di asrama selama maksimal 6 bulan, Bahasa, budaya, dan kebiasaan Jepang, Pelatihan Wawancara Perusahaan, Pelatihan Persiapan Ujian Syarat SSW**: Bahasa Jepang & SSW, Lulus ujian bahasa Jepang JFT*** Basic level A2 atau JLPT level N4, Lulus ujian SSW/teknik sesuai jenis kerja specified skilled worker).

Agenda yang di gelar di aula SMK Negeri 6 Surakarta ini dihadiri oleh dua narasumber lainnya,  yaitu: bapak Rian divisi marketing dan sensei Ito selaku salah satu pengajar di IJFA. SMK di Surakarta khususnya SMK Negeri 6 Surakarta menjadi yang pertama dalam mengadakan agenda kegiatan bersama PT. IJFA. Kegiatan ini di peruntukkan bagi peserta yang benar-benar berminat menghadiri serta ingin mendapat wawasan bekerja di Jepang. Di sela-sela penyampaian paparan sensei Ito menyempatkan dialog dengan salah satu peserta, dengan awal tujuan spill bahasa Jepang yang dikuasainya. Di penghujung sesi penyampaian materi dan tanya jawab berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan rekrutmen. Yaitu siswa mengerjakan 60 soal test matematika dasar sebagai syarat awal sebelum menuju tes berikutnya yaitu tes fisik. Tujuan tes fisik ini diantaranya, untuk mengetahui kemampuan atau ketahanan tubuh, serta tes Kesehatan lainnya sebagai calon peserta training selama 6 bulan dengan pendidikan gratis dan asrama. Penghujung waktu kegiatan diakhiri pukul 11.00 WIB dengan harapan kegiatan ini dapat menambah wawasan, memberi peluang pada calon-calon tenaga kerja yang handal dan berkompoten di negeri Sakura. Di sisi lain, doa dan harapan divisi Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 6 Surakarta kami sisipkan, semoga sukses di karir masing-masing dan  melejitkan nama baik SMK Ngeri 6 Surakarta.

Oleh: Istiningtyas Rahayu, M.Pd.