JUMAT MOTIVASI – GENRE GOES TO SCHOOL

Hari ini, Jumat 17 Mei 2025, Generasi Berencana (Genre) hadir lagi di SMK Negeri 6 Surakarta. Topik Genre kali ini adalah “INI GENTING (Aksi Nyata Implementasi Genre Cegah Stunting) dengan mengedukasi mengenai stunting, anemia, pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini dibuka oleh bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd. dan dilanjutkan sambutan oleh ibu Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. dengan yel-yel beliau yang membuat siswa-siswi bersemangat mengikuti kegiatan ini. Beliau memberi pesan kepada seluruh siswa agar mengikuti kegiatan sosialisasi hingga selesai dengan senang dan sukacita serta diambil sisi positif dari kegiatan tersebut.

Duta Genre Surakarta kak Yemima menjelaskan tentang apa saja permasalahan pada remaja saat ini. Permasalahan tersebut meliputi pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba. Masalah-masalah ini nanti bisa menyebabkan terjadinya stunting pada anak. Stunting adalah kondisi anak gagal tumbuh. Banyak kenakalan remaja yang membuat remaja melakukan pernikahan dini dan hamil muda yang pada akhirnya calon ibu ini tidak mau minum tablet penambah darah dan rutin memberikan ASI pada bayinya. Inilah yang menyebabkan stunting pada anak.

Kak Yemima melanjutkan, semua remaja harus bisa paham dan menjaga tentang “Aku dan Tubuhku”, pemenuhan gizi yang cukup dengan slogan Isi Piringku, hingga memahami label makanan. “Isi Piringku” menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. “Isi Piringku” juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. Pesan untuk siswa-siswi SMKN 6 Surakarta adalah rajin minum tablet penambah darah, mengonsumsi makanan tinggi zat besi, dan minum asam folat agar tidak mengalami Anemia.

 

Setelah pemaparan materi selesai, selanjutnya diminta dua siswa dan dua siswi SMKN 6 Surakarta untuk maju memaparkan harapannya mengenai remaja saat ini dan melakukan Tepuk Genre.

Remaja genre? Sehat, cerdas, ceria….

Genre Indonesia? Saatnya yang muda yang berencana….

Jangan lupa untuk mengikuti seleksi Duta Genre Surakarta tahun 2024

Acara ditutup oleh bapak Danang dengan kuis “berapa usia ideal laki-laki untuk menikah?” Usia ideal menikah secara fisik dan mental adalah 20 sampai 25 tahun bagi perempuan dan 25 sampai 30 tahun bagi lakilaki.

 

Sekian. Terima kasih.

Penulis: Arnenia Anjani Putri, S.Pd.