TES VIERA SISWA SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Tes VIERA (Vocational Institutional English Readiness Assessment) telah dilaksanakan pada hari Senin, 20 Mei 2024 di SMK Negeri 6 Surakarta. Tes VIERA merupakan asesmen yang digunakan untuk menilai kemahiran berbahasa Inggris seseorang serta tingkat kesiapannya dalam menghadapi ujian standar internasional, khususnya TOEIC. Oleh karena itu, tes VIERA diselenggarakan sebagai tahap awal seleksi sebelum mengikuti ujian TOEIC yang sesungguhnya. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan SMK agar memiliki kemampuan yang kompetitif di era digital dan globalisasi. Salah satu fokus utamanya adalah memastikan bahwa siswa SMK dapat berkomunikasi secara aktif dalam Bahasa Inggris.

Dibawah arahan Kepala Sekolah, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd bersama dengan tim guru Bahasa Inggris dan teknisi bersinergi untuk mengakomodir siswa kelas XI yang berminat dan bersedia mengikuti seleksi awal. Diawali dengan proses pemberian wawasan seputar TOEIC kepada siswa. Kemudian, siswa berlatih mengerjakan contoh soal dengan difasilitasi guru Bahasa Inggris yang mengampu kelas mereka masing-masing apabila ada hal yang ingin ditanyakan untuk lebih memantapkan siswa dalam persiapan mengikuti seleksi awal.

Bertempat di Lab DMC 1 (3 sesi) dan Lab ULP 2 (2 sesi), tes VIERA diikuti oleh total 160 siswa kelas XI dari semua jurusan. Para siswa terlihat antusias ketika akan memasuki ruangan tes. Tes VIERA terdiri dari tes listening dan reading dengan total 100 nomor soal. Para siswa mengikuti tes VIERA sesuai dengan panduan dan arahan teknisi dalam mengisi data diri dan pelaksanaan dalam mengerjakan soal. Pengawas dari tim guru Bahasa Inggris ikut membantu dalam pelaksanaan apabila ada hal yang ingin ditanyakan oleh siswa. Perangkat komputer dan headset pun sudah dipastikan dalam keadaan yang baik sehingga tidak ditemukan kendala yang berarti selama tes dilaksanakan. Dari keseluruhan sesi, semua berjalan dengan lancar dan tertib.

Harapan kami, semoga semua siswa yang mengambil tes VIERA ini dapat lolos ke tahap selanjutnya untuk mengikuti ujian sertifikasi TOEIC. Good luck everyone!

 

 

Oleh : Risti Nur Imansari