“ANRUV” VISKA Juara Favorit Lomba Festival Insan Pendidikan 2024

Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah Kemdikbudristek menggelar serangkaian acara untuk memperingatinya. Salah satu acara yang digelar adalah lomba yang dapat diikuti oleh Insan Pendidikan. Lomba ini bukan hanya dapat diikuti oleh pelajar jenjang TK/PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK/SLB se-provinsi Jawa Tengah saja. Melainkan, juga dapat diikuti oleh guru dan dan instansi Dinas Pendidikan di provinsi Jawa Tengah.​

Kategori lomba yang diselenggarakan oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah tersebut terdiri dari : Lomba Senam Kreasi untuk pelajar tingkat PAUD/TK, Lomba Bercerita untuk pelajar tingkat SD, Lomba Nembang Macapat untuk pelajar tingkat SMP, Lomba Tik Tok tema anti bully untuk pelajar tingkat SMA/SMK, Lomba Gerak dan Lagu Dolanan untuk pelajar tingkat SLB. Untuk kategori guru, lombanya berkaitan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Sedangkan untuk instansi Dinas Pendidikan, lombanya tentang video kreatif bertema Transformasi Pendidikan. Lomba-lomba tersebut dapat diikuti oleh seluruh pelajar, guru dan Dinas Pendidikan yang berada di Provinsi Jawa Tengah, sesuai dengan ketentuan.

SMK Negeri 6 Surakarta sebagai salah satu instansi pendidikan yang selalu aktif dalam segala bidang, tentu saja tidak melewatkan kesempatan baik ini untuk turut mengambil bagian. Sekolah yang dikepalai oleh Ibu Dr. Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. ini mengirimkan sejumlah siswanya yang tergabung dalam Anruv sebagai agen perubahan anti perundungan di SMK Negeri 6 Surakarta, menjadi peserta lomba.

Pada hari Kamis, tanggal 22 Mei 2024 digelar puncak acara Festival Insan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2024. Tahun ini sebagai puncak acara adalah Kegiatan Talkshow Pendidikan dengan tema “Mari Kita Terus Bergerak, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Festival ini dihadiri oleh Pejabat Dirjen GTK, Pejabat Dinas Pendidikan di Jawa Tengah, Tokoh Masyarakat, serta para nominasi dari Lomba Festival Insan Pendidikan baik guru, pelajar, orang tua dan tenaga kependidikan. Bagi yang tidak bisa menyaksikan secara langsung, dapat melihat di YouTube BBGP Jawa Tengah https://youtube.com/live/kUygL8sLfvs?feature=share .

Pada kegiatan Talkshow menghadirkan narasumber sebagai berikut :

  1. Aris Setya Arsari – Guru Bahasa Jawa SMPN 1 Jambu Kab. Semarang (Content creator Tiktok)
  2. Agus Mohamad Solihin, SE., M.Pd. – Analis Kebijakan Ahli Madya Pusat Pengembangan Karakter Kemdikbud
  3. Anindya Rarasati – SMA Islam Al Azhar 14 Semarang (Siswi Inspiratif)

Di penghujung acara, sekaligus merupakan waktu yang paling ditunggu oleh para peserta lomba, yakni Penganugerahan pemenang lomba Festival Insan Pendidikan. Serta merta para juara bersorak gembira ketika namanya disebut oleh pembawa acara.

Dalam kegiatan Festival Insan Pendidikan tahun 2024 ini, SMK Negeri 6 Surakarta berpartisipasi sebagai peserta lomba. Alhamdulillah, Anruv masuk nominasi dalam acara tersebut dan berhasil membawa pulang Juara Favorit Lomba Tik Tok kategori pelajar SMA/SMK. Anruv adalah agen perubahan anti perundungan SMK Negeri 6 Surakarta. Anruv mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada ibu Titik selaku kepala sekolah beserta bapak/ibu guru dan karyawan, siswa dan alumni SMK Negeri 6 Surakarta serta seluruh pihak yang telah memberikan doa dan dukungannya sehingga Anruv dapat membawa pulang piala.

“Terus Bergerak dan Berkarya Lanjutkan Merdeka Belajar. Anruv.. Stand Up… Speak Up… Say No to Bully

 

Ditulis oleh: Rimayanti, S.Pd, M.Pd