JUMAT BERSIH VISKA

Pada hari Jumat, 06 Januari 2023. kegiatan Jumat bersih di SMKN 6 Surakarta dilaksanakan rutin setiap sebulan sekali. Selain kegiatan jumat bersih ada juga Jumat Rohani, Jumat motivasi, dan Jumat sehat.

Kegiatan Jumat bersih diadakan dengan tujuan untuk melatih para siswa agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mendidik siswa agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah, melatih Siswa untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya, dan menanamkan kebiasaan disiplin diri agar lingkungan sekolah selalu terlihat indah dipandang.

Prosedur atau pembagian tempat kegiatan Jumat bersih yaitu dibagi per jurusan. Ada yang membersihkan ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, lapangan upacara, lingkungan ruang Guru, lingkungan ruang BK dan lapangan basket dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing.

Semua siswa harus gotong-royong dan mempertanggungjawabakan tugasnya masing-masing. Diadakannya pembagian tugas tempat yang dibersihkan dengan harapan semua sudut baik ruangan maupun luar ruangan di SMKN 6 Surakarta selalu terlihat bersih.

Kenapa harus bersih? karena selain kebersihan merupakan pangkal kesehatan, SMKN 6 Surakarta merupakan sekolah yang di pakai cermin atau sekolah yang dipakai contoh sekolah lain baik di dalam kota atau di luar kota Surakarta.

SMKN 6 Surakarta tidak hanya sebagi cermin tentang mutu pendidikannya tentunya kebersihan lingkungan sekolah, kedisiplinan Kepala Sekolah, Guru, karyawan, Siswa dan semua warga SMKN 6 Surakarta juga dipakai sebagai contoh sekolah lain karena SMKN 6 Surakarta merupakan sekolah Pusat Keunggulan atau sekolah PK. Karena SMKN 6 Surakarta menjadi sekolah Pusat Keunggulan, maka sering kedatangan tamu dari sekolah lain baik dari SMK Jawa Tengah atau SMK dari seluruh Indonesia.