JEJAK SANG PENGAWAL MERAH PUTIH (REFLEKSI 55 TAHUN SMKN 6 SURAKARTA)

Solo, 25 Januari 2023. SMK Negeri 6 Surakarta menandur nilai-nilai kepahlawanan  para tokoh bangsa pada Pasukan Pengibar Bendera ( PASKIBRA ) Viska Jaya.

PASKIBRA, tentu bukan istilah yang terlalu asing bagi kita. Dari tingkat bawah hingga tingkat atas, terutama pada momentum peringatan kemerdekaan Indonesia, kita akan disodori segala aktivitas sang pengawal bendera merah putih dengan seragam tak terlalu asing, yaitu atasan dan bawahan putih.

Sebagaimana kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang ada di SMK Negeri 6 Surakarta, Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) VISKA JAYA juga memiliki rutinitas kegiatan yang tak kalah keren.

Penataaan organisasi yang terencana, akuntabel, dan jelas, menjadikan organisasi ekstra kurikuler ini siap memback up semua kegiatan sekolah baik yang bersifat internal maupun eksternal. Semua ini dilakukan untuk mendukung dan memperkuat visi dan misi yang telah ditentukan sekolah dalam rangka membangun generasi muda yang berkarakter unggul.

Jika kita mau sejenak mencitasi beberapa hasil penelitian tentang  ekstrakurikuler Paskibra, ternyata hasil penelitian kegiatan ekstrakurikuler paskibra memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter dan sikap siswa karena paskibra dapat menanamkan sikap tegas, bertanggungjawab, disiplin, percaya diri, dan memiliki jiwa kepemimpinan, serta di dalam setiap pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler paskibra dapat menumbuhkan aspek sikap nasionalisme yakni cinta tanah air, rela berkorban, persatuan dan kesatuan, serta jiwa pembaharu atau pantang menyerah.

Foto Aksi Paskibra Viska Jaya

Tidak hanya itu, Kegiatan ekstrakurikuler Paskibra juga mampu mengarahkan pembentukan karakter disiplin dan semangat kebangsaan ke arah yang lebih baik. Didalam latihan paskibra, tidak hanya fisik saja yang dilatih, melainkan mental dan moral juga ikut ditempa dalam kegiatan ini yang diharap akan membentuk karakter siswa kearah yang lebih baik bagi siswa yang mengikutinya.

Tak Kalah kerennya dengan 5 sifat positif yang pernah di sampaikan Mantan presiden RI Bapak SBY dalam membekali para anggota Paskibra sebelum bertugas. Lima sifat positif itu adalah

Pertama, sungguh-sungguh menjadi putra bangsa yang beriman dan berkarakter. Kedua, asah ilmu selalu untuk benar-benar menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan rasional,” Ketiga, menghadapi zaman globalisasi dan transformasi, para pemuda diharapkan mengembangkan sifat inovatif dan kreatifnya, serta mengembangkan budaya unggul. Tidak sekedar melakukan sesuatu,tapi melakukan yang terbaik.

“Keempat, tidak ada sesuatu yang mudah diraih. Hampir pasti kalian akan menghadapi masalah, tantangan dan uji coba. Oleh karena itu kalian harus memiliki mental dan semangat harus bisa. Seberapa pun persoalan yang dihadapi, pasti ada solusi,”

Kelima, para remaja itu diminta menjadi patriot yang bertanggung jawab, cinta Tanah Air, sebagaimana yang baru saja diikrarkan sebagai anggota Paskibraka.

Bagaimana dengan Paskibraka di SMK Negeri 6 Surakarta?

Berlabel PASKI VISKA JAYA tentu terbentuk dengan ada  harapan yang berwujud keunggulan-keunggulan ingin dicapai sebagaimana visi dan misi sekolah. Paskibra SMK Negeri 6 Surakarta merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memupuk semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela Negara, kepeloporan dan kepemimpinan, berdisiplin dan berbudi pekerti luhur dalam rangka pembentukan character building generasi muda Indonesia.  70 Paskibra merupakan pasukan pengibar bendera yang bertugas melakukan pengibaran dan penurunan bendera merah putih di ruang lingkup sekolah. Anggota paskibra berasal dari siswa siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paskibra. Terdapat banyak hal yang dipelajari dalam kegiatan ekstrakurikuler paskibra yang diantaranya PBB, langkah dan cara pengibaran dan penurunan bendera (TUB) pada setiap upacara bendera yang dilakukan secara rutin di sekolah atau pada saat memperingati hari besar nasional seperti hari kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Foto Aksi nyata Paskibra SMKN6 Surakarta

Visi dan Misi Paskibra ialah:

  1. Visi Memberikan pengetahuan tentang unsur dasar PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan memberikan pengarahan kepada setiap anggota Paskibra untuk berdisiplin
  2. Misi

– Membentuk pribadi yang disiplin

– Mempererat tali persaudaraan antar anggota paskibra

– Membekali pengetahuan tentang PBB kepada setiap anggota paskibra

– Membentuk pribadi yang kuat

 

Selain visi dan misi di atas, Paskibra sebagai Kegiatan ekstrakurikuler memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. a) Menghimpun dan membina para anggota agar menjadi siswa-siswi dan warga Negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, setia dan patuh pada Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. b) Mengamalkan Pancasila
  3. c) Membina watak, kemandirian dan profesionalisme, memelihara dan meningkatkan rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, mewujudkan kerjasama yang utuh serta jiwa pengabdian kepada bangsa dan nengara, memupuk rasa tanggung jawab dan daya cipta yang dinamis serta kesadaran nasional dikalangan para anggota dan keluarganya.
  4. d) Membentuk manusia Indonesia yang memiliki ketahanan mental (tangguh), cukup pengetahuan dan kemahiran teknis untuk dapat melaksanakan pekerjaannya (tanggap), serta daya tahan fisik/jasmani (tangkas)

Foto Kegiatan Sujud Ananda buat Sang Bunda

Lima Puluh tahun perjalanan panjang SMK Negeri 6 Surakarta melayani masyarakat tentu tak luput dari segudang prestasi yang ditorehkannya.  Salah satunya prestasi  organisasi PASKIBRA VISKA JAYA.  Apa sajakah ? Sudah banyak prestasi-prestasi dari beberapa kegiatan yang kami dapatkan. Meskipun kami sempat terhenti untuk mengikuti banyak lomba dikarenakan pandemi Covid 19 hampir 2 tahun lamanya.

Beberapa prestasi yang telah kami raih :

Tingkat Lokal :

– Tampil dalam upacara 17 an dan acara gelar karya sekolah

– Mengadakan Lomba Keterampilan Baris Berbaris

– Menjadi petugas upacara hari senin dan hari-hari besar

– Mengadakan Diklat Kesamaptaan dan Upgrading Manajemen Organisasi di luar sekolah

 

Tingkat Nasional :

– Berpartisipasi menjadi pembawa baki di upacara Hari Ulang Tahun Republik   Indonesia di Kota Solo

–  Berpartisipasi dalam Paskibraka Kota Surakarta

–  Purna Paskibra Indonesia Cup

  1. Juara Umum
  2. Juara 3 Danton Terbaik
  3. Juara 2 Variasi Terbaik
  4. Juara 1 PBB Terbaik
  • Lomba Tata Upacara Bendera Tingkat Jawa Tengah
  1. Juara 1 Tata Upacara Bendera Terbaik
  1. Penghargaan Pemimpin Upacara Terbaik

 

Foto Kolase keunggulan Paskibra SMKN 6 Surakarta

Tak Kalah menariknya tentang Paskibra  Viska Jaya adalah penanaman daya apresiasi para anggota Paskibra untuk mengenal, memahami, menghormati, dan mengimplentasikan nilai-nilai kepalahlawanan para tokoh pembangun bangsa dalam dirinya masing-masing dengan mengunjungi dan berziarah ke tempat para tokoh bangsa. Penajaman karakter para anggota Paskibra melalui literasi religi, literasi motivasi, literasi social, dan literasi budaya dilakukan untuk menguatkan perilaku berteladan dan terdepan bagi diri siswa sendiri maupun teman yang lain baik di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat. “Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Dan orang-orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan.”

Selamat berkarya untuk Paskibra SMK Negeri 6 Surakarta. (Tri Purwadi, M.Pd._2023)

Foto Kolase Kegiatan tanggal 21 Januari 2023 (doc one)