SMKN 6 SURAKARTA DAN RUANG GURU SOSIALISASIKAN INFORMASI UTBK SELEKSI MASUK PTN

Solo, 25 Januari 2023. SMK Negeri 6 Surakarta berkolaborasi dengan lembaga Ruang Guru berikan sosialisasi Tentang informasi seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Sudah di awal semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 saatnya sosialisasi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bahkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mulai berkumandang baik bagi lulusan SMA/SMK Fresh Graduate maupun lulusan SMA/SMK di tahun-tahun sebelumnya. Tepat di masa pengolahan nilai Rapport semester 1 sampai dengan semester 5 kelas XII dan kelas XIII (khusus Jurusan PFPT) sebagai penentuan siswa Eligible (siswa yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)), ada satu lembaga kursus Pendidikan yang sudah cukup terkenal dan sering muncul di channel salah satu stasiun televisi yaitu Lembaga Ruang Guru yang memberikan banyak informasi seputar seleksi masuk PTN melalui Jalur SNBT beserta Kiat-kiat agar siswa bisa lebih mudah berhasil mengerjakan Tes SNBT.

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa SNBT ini kepanjangan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. SNBT merupakan seleksi masuk PTN melalui jalur tes yang dinamakan UTBK (Ujian Tes Berbasis Konputer) dimana pendaftarannya akan mulai dibuka pada tanggal 23 Maret 2023 sampai dengan tanggal 14 April 2023, dan pelaksanaannya dibagi menjadi 2 Gelombang yaitu Gelombang 1 pada tanggal 8-14 Mei 2023 sedangkan Gelombang 2 pada tanggal 22-28 Mei 2023. Dalam UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

 

Gambar 1. Kolase kegiatan sosialisasi

Melihat hasil survey yang sudah dilakukan oleh Tim Guru BK, ternyata lebih banyak siswa yang berminat melanjutkan kuliah setelah lulus SMK ini. Sehingga untuk mengejar adanya Jadwal SNBT tersebut maka SMK Negeri 6 Surakarta memberikan kesempatan untuk Lembaga Ruang Guru bekerjasama dengan Tim Bimbingan dan Konseling (BK) untuk mensosialisasikan mengenai SNBT. Tim Ruang Guru yang datang sebanyak 16 Fasilitator dan mensosialisasikan SNBT di ruang kelas-kelas XII yaitu Jurusan AKL (Akuntansi), Jurusan OTKP (Perkantoran), Jurusan PM (Pemasaran), Jurusan UJP (Pariwisata), Jurusan MM (Multimedia), Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan Jurusan BC (Perfilman). Namun untuk Kelas XIII yang memang hanya Jurusan BC (Broadcast) sementara ini belum bisa diikutsertakan karena sedang melaksanakan OJT (On The Job Training) di DUDI Mitra SMK Negeri 6 Surakarta, sehingga digantikan dengan kelas XII Jurusan BC. Ruang Guru juga memberikan fasilitas Tryout SNBT secara Gratis dan secara online karena kuota peserta yang cukup banyak. Dan dari Tryout SNBT tersebut juga difasilitasi pembahasan teks dan akan ada hasil rasionalisasi serta arahan Jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan hasil Tryout siswa. Waaah cukup lengkap juga ya fasilitas yang didapat kan siswa jika mengikuti Tryout SNBT dari Lembaga Ruang Guru tersebut.

Gambar 2. Pandampingan sosialisasi

Dalam sosialisasi itu ternyata banyak siswa yang antusias bertanya serta mendengarkan aktif saat para fasilitator menyampaikan di kelas. Semoga saja dari adanya sosialisasi dari Lembaga Ruang Guru ini dapat menambah wawasan serta update informasi agar siswa dapat lebih mempersiapkan diri mengikuti the real SNBT..

 

Salam Literasi. Smk Viska, Smart dan Semangat….

 

(Erawati dan team BK 2023)