BUKAN PERPISAHAN MELAINKAN SAMPAI JUMPA DI LAIN KESEMPATAN

Rasa senang dan gembira dirasakan segenap warga SMK Negeri 6 Surakarta, karena beberapa teman guru kami diterima sebagai PPPK (P3K). Status kepegawaian yang sangat diharapkan oleh banyak guru untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, untuk keluarga dan masa depannya. Namun rasa senang dan gembira tersebut tidak dapat kami rasakan sepenuhnya, rasa sedih menyelimuti kami, karena beberapa guru harus ditempatkan di sekolah lain. Salah satu diantaranya adalah Ibu Raini Prasetyawati, S.Pd. Beliau diterima sebagai guru P3K pada tahun  di SMK Negeri 6 Sukoharjo.

Ibu Raini adalah sosok guru, teman, sahabat yang luar biasa dedikasinya terhadap Viska tercinta. Beliau meniti karier di SMK Negeri 6 Surakarta sejak tahun 2007 sampai 2023 sebagai guru pada Program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Masa kerjanya di SMK yang terletak di tempat strategis dan penuh kenangan manis ini, selama kurang lebih 16 tahun. Enam belas tahun bukanlah angka yang sedikit. Banyak cerita tercipta bersama siswa, juga rekan sejawat yang sudah selayak keluarga. Hampir separuh masa kerjanya beliau sumbangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk mencerdaskan anak bangsa di SMK Negeri yang terletak di tengah Kota Surakarta tercinta. Beliau sangat rajin, supel, ramah, cekatan dan juga cerdas. Cepat tanggap dan berusaha menyeleseikan pekerjaan dalam waktu singkat.

Beliau juga sosok yang ringan tangan dan rendah hati.  Tidak segan membantu teman yang mengalami kesulitan serta mudah meminta maaf dan memaafkan. Hal tersebut tercermin pula saat menyampaikan pamitnya di grup Whatsapp Viska Jaya berikut ini:

“Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ibu Kepala Sekolah, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd beserta jajarannya yang saya hormati,

Bapak Nur Sumargandi, S.Pd selaku Plt. Kepala Tata Usaha SMK Negeri 6 Surakarta,

Bapak Ibu Guru, Karyawan, dan keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta yang berbahagia,

Tak terasa 16 tahun sudah saya bergabung dan mengabdikan diri di SMK Negeri 6 Surakarta, tepat saat itu 1 Juli 2007 hingga 1 Juli 2023. Banyak cerita dan kenangan yang sangat sulit untuk dilupakan, kebersamaan dalam bekerja sama, dan kasih sayang sebagai keluarga besar SMKN 6 Surakarta yang sangat hangat.

Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk meminta maaf apabila selama ini dalam bertegur sapa baik dalam urusan pekerjaan ataupun keseharian terdapat salah dan khilaf, baik yang saya sengaja ataupun tidak saya sengaja.

Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada SMKN 6 Surakarta, yang mana selama 16 tahun ini telah memberikan banyak sekali bekal untuk saya, atas ijin Allah SWT bisa saya gunakan untuk melanjutkan perjuangan di tempat dinas yang baru.

Selanjutnya Bapak, Ibu yang berbahagia, Per 1 Juli 2023 ini saya secara resmi sudah berpindah tugas dari SMKN 6 Surakarta ke SMKN 6 Sukoharjo, untuk itu saya mohon pamit dan mohon doa restu bapak ibu semuanya. Mohon maaf apabila terdapat tutur bahasa yang salah dan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam hormat saya,

Raini Prasetyawati

This is Not Goodbye, but See You later, happy weekend.”

 

Berbagai  tugas sampiran yang pernah beliau laksanakan antara lain: sebagai kepala bengkel, sekretaris dan admin LSP tingkat sekolah, Pembuku Koperasi Hasrad, pembimbing lomba siswa dan masih banyak tugas yang beliau laksanakan. Semua tugas yang disampirkan kepada beliau dijalankan dan diselesaikannya dengan baik, dan tidak pernah mengeluh. Integritas, dedikasi dan loyalitasnya sebagai guru di SMK Negeri 6 Surakarta tidak perlu diragukan lagi. Dalam bekerjapun tidak mengenal waktu.

Kebersamaan kami sudah serasa keluarga yang terjalin erat di tempat kerja. Namun sayang, pada tahun ajaran 2023/2024 tepatnya terhitung mulai 1 Juli 2023, beliau harus pindah tugas ke SMK N 6 Sukoharjo. Sehingga kami merasa kehilangan sosok teman yang berintegritas, berdedikasi tinggi dan loyal terhadap lembaga.

Keluarga besar Viska merasa kehilangan sosok teman yang sangat berkesan. Terbukti banyaknya doa dan harapan yang disampaikan.

“Semoga selalu sehat njih, Bu. Dan dapat menjalankan tugas dan amanah di sana dengan baik. Maafkan jika ada salah kata dan perilaku baik yang disengaja maupun tidak. Kita tetap baersaudara selamanya….” pesan yang disampaikan Mbak Sulis di grup WA.

“Selamat bertugas di tempat baru, semoga sehat selalu, terus berkarya berikan yang terbaik untuk bangsa. Tempat boleh berbeda, menyambung tali silahturahmi tetap sehati. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan selama bersama.” Pesan dari Pak Sofwan.

“See you later and happy weekend, Bu Raini.” Respon dari Pak Suwito.

“Lo…Mbak Raini kok gitu…Sukses selalu ya, Mbak.” Pesan Bu Handa.

“Selamat bertugas di tempat yang baru. Sukses selalu untuk Mbak Raini. Aamiin.” Pesan yang disampaikan oleh Bu Retno.

Pesan dari Pak Gandi “ Sehat-sehat selalu, Bu raini, mohon maaf untuk segala kesalahan selama bekerja bersama di SMK 6 Surakarta.”

Bu Nurul berpesan “Selamat bertugas di SMK N 6 Sukoharjo, sukses dan sehat selalu.”

Bu Nani Fajar juga mengirimkan pesan “Mohon maaf, Bu Raini. Atas semua kesalahan saya baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja. Terima kasih banyak atas ilmu dan bimbingan dari panjenengan selama ini kepada saya. Sukses selalu di manapun berada. Semoga kita tetap menjaga silahturahmi dan persaudaraan.”

 

Selamat berpindah tugas di SMK N 6 Sukoharjo Ibu Raini Prasetyawati, S.Pd. Semoga diberikan kemudahan, kelancaran dan kesehatan dalam menjalankan tugas di tempat baru. Perjalanan baru menanti, dan semangat untuk terus berkarya dalam dunia pendidikan.

 

Nurkayati