KUNJUNGAN INDUSTRI KE GRAHA TA TV

Wajah-wajah ceria menghiasasi para siswa saat berkumpul di loby utama SMK Negeri 6 Surakarta, yang akan melaksankana kegiatan Kunjungan Industri. Sebanyak 25 siswa dari Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), Manajemen Perkantoran (MP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), pada hari Kamis, 27 Juli 2023 mengadakan kunjungan Industri ke TA TV Solo, dengan didampingi guru pembimbing Ibu Tri Haryani, S.Kom dan Ibu E Retna Palupi, S.Pd, M.Pd selaku WKS. Humas.

Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan mengenal industri atau DUDI/ IDUKA yang identitik dilakukan oleh siswa-siswi SMK. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran dunia kerja sekaligus pekerjaan yang akan dimasuki kelak oleh siswa atau peserta didik, pada saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau bekerja setelah lulus sekolah.

Kunjungan industri diawali dengan kegiatan informasi bursa magang dan workshop industri kreatif di kampus UBSI, Mojosongo.  Kemudian dilanjutkan kunjungan industi. Dalam kunjungan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan/ industri beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan di dunia kerja, serta kompetensi-kompetensi di bidang penyiaran pertelevisian yang secara real belum mereka lihat atau jumpai secara nyata di sekolah, termasuk bertemu dengan tokoh yang sudah mereka kenal secara familiar di televisi  baik dari segi suara maupun hasil karyanya, namun belum pernah bertemu secara langsung termasuk dengan mentor-mentor profesional di bidang penyiaran tersebut.

Adapun manfaat dari Kunjungan Industri ini untuk memberikan gambaran tentang banyak hal yang ada di lapangan kerja agar siswa tidak kaget atau terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja sesuai dengan keahlian. Kunjungan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa agar mereka dapat bekerja dengan situasi dan kondisi apapun, juga untuk mendekatkan dunia kerja mereka sesuai dengan kompetensi keahliannya masing-masing, selain juga merupakan ujud pelaksanaan dari link and match antara sekolah dengan industri. Tanpa melakukan kunjungan industri, siswa-siswi tentu saja akan merasa asing, sehingga sebelum melakukan PKL maupun bekerja kelak, perlu didekatkan dengan dunia kerja/ dunia industi, sehingga nantinya dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan industri atau dunia kerjanya, selain mendapatkan  tambahan ilmu pengetahuan dan budaya kerja yang belum didapat di sekolah.

Kunjungan ke Graha TA TV kali ini diawali dengan kegiatan workshop voice over, yaitu  teknik produksi di mana suara direkam untuk penggunaan di luar layar. Para siswa mendapatkan pelatihan bagaimana teknik mengisi suara atau sebagai dubber, termasuk contoh-contoh karya animasi, iklan, film doumenter, yang semuanya melibatkan VO. Selanjutnya para siswa diajak masuk studio Green Screen. Setelah mendapatkan informasi-informasi teknik melakukan presentasi oleh produser, para siswa melakukan praktek menjadi seorang penyiar/ pembaca berita/  news anchor. Kunjungan selanjutnya menuju Studio 3, merupakan studio untuk acara talkshow secara live. Dan kunjungan terakhir adalah di studio radio TA. Di studio tersebut dijelaskan juga acara dan teknik- teknik cara mengoperasikan peralatan yang terdapat di studio radio TA. Dalam kesempatan siaran langsung,ini,  siswa juga guru pendamping, medapatkan kesempatan untuk wawancara secara on air. Wawancara selain ditayangkan secara langsung di radio TA juga di IG tatvmanteb. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama dengan para mentor TA TV, dan dosen UBSI.

 

#E Retna Palupi #