WORKSHOP PENGUATAN KELEMBAGAAN BKK

Dimulai tepat pukul 08.30 WIB di aula SMK Negeri 6 Surakarta, Kamis 10 Agustus 2023, Workshop Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus berlangsung dengan menghadirkan sepuluh Dunia Usaha Dunia Industri mitra SMK Negeri 6 Surakarta, yakni: Terang Abadi TV ( Setya Kusumaningrum/ Staf HRD), Double Decker ( Frias Orlando/ Manager), Sinergi Event (diwakili oleh: Nirmala/staff), PT. Printex (Rega/ Manager), Permodalan Nasional Madani/PNM (Dwi Kurniawan, S.Psi/staff HRD), Tsabita Bakery (diwakili oleh Misranto), Matahari SGM ( Bambang Susilo/ Ka. HRD), PT. Niagara (Erlina Sandya Prabawati/ Staf), serta Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta (diwakili oleh Dra. Djanjang Purwanti). Kegiatan ini bertujuan untuk memberi penguatan peran kelembagaan BKK dalam meningkatkan kualitas lulusan.

Acara ini dihadiri pula oleh bapak ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta. Ketua panitia kegiatan, Ibu Endang Retna Palupi, S.Pd.,M.Pd. dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangun dan lebih menguatkan lagi peran BKK di sekolah sebagai kepanjangan tangan kanan dari Disnaker. Yakni: sebagai penyalur tenaga kerja, penelusuran lulusan, dan memfasilitasi dalam mengadakan kontrak kerja sama dengan DUDI pasangan. Mengingat pentingnya peran BKK, maka keberadaannya perlu dikuatkan secara kelembagaan.

Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si.,M.Pd., sebagai kepala SMK Negeri 6 Surakarta dalam Sambutannya, menyampaikan “Kami mohon penguatan kelembagaan BKK kami agar dapat mencapai visi SMK N 6 Surakarta, yaitu ‘Terwujudnya lulusan yang berkarakter kuat, siap bekerja dan berwirausaha dengan berbasis teknologi dan berwawasan lingkungan.’ Selain itu, agar alumni kami sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga alumni kami kompeten dan dapat terserap dengan baik sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh DUDI pasangan.”

Hadir pula Dra. Retnaningsih, M.Pd., Pengawas Pembina SMK Cabang Dinas VII membuka kegiatan secara resmi sekaligus memberikan arahan. Dalam arahannya, bu Retna menyampaikan bahwa agar para lulusan muncul karakter adaptif sehingga dapat bekerja di DUDI yang sesui dengan minat dan kompetensi yang dimilikinya. Kompetensi anak-anak sekarang tidak diragukan lagi. Namun, soft skill dan adab juga perlu diasah. Ilmu memang penting, adab juga tidak kalah penting.

Salah satu DUDI yang memberikan pemaparan adalan PNM. Pesan dari bapak Dwi Kurniawan, S.Psi. dari PNM, antara lain: agar murid diperjelas lagi motivasi dalam bekerja. Misalnya ingin membahagiakan orang tua dengan cara bagaimana? Gaji pertama untuk mentraktir orang tua atau untuk dibelikan apa. Jadi memiliki motivasi bekerja yang jelas dan spesifik. Selain itu, penting untuk membekali murid dengan public speakingnya yang baik. Hal tersebut sangat penting, agar murid dapat menuangkan ide, gagasan, dan pemikirannya dengan lebih jelas, sopan dan terarah.

Perwakilan dari DUDI lainnya yang menyampaikan paparan adalah Mbak Tya dari TA TV. Menurutnya, karyawan yang match dengan DUDInya adalah jurusan broadcasting, marketing dari jurusan pemasaran, untuk di radionya ada bagian asisten producer, bisa juga untuk bagian administrasinya, bagian wartawan atau redaktur di news anchor, atau presenter. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini, TA TV sedang membutuhkan banyak profil presenter yang fresh. Apabila ada yang berminat, bisa langsung datang ke kantor untuk menjalani casting.

Bapak Misranto, perwakilan dari Tsabita Bakery, juga menyampaikan pesannya dalam kesempatan ini, sebagai bekal bagi murid yang akan magang. Menurut beliau, rotasi di dalam kota adalah hal yang biasa. Hal ini disampaikannya terkait adanya murid magang yang mengundurkan diri, seminggu setelah adanya rotasi. Padahal rotasi dilakukan untuk kenaikan karir murid yang bersangkutan.

Ibu Djanjang Purwanti, perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian menyampaikan bahwa sebenarnya peluang kerja kita itu banyak, hanya pelamarnya kalo tidak sreg di hati, tidak dimasuki.

Marketing adalah sesuatu yang menarik dan ada banyak hal yang dapat dipelajari dari dunia marketing.

Seorang marketer harus ramah, sopan ulet, semangat. Namun sayangnya, justru karakter seperti yang disebutkan itu yang jarang dimiliki oleh anak-anak generasi sekarang.

Menjadi harapan bersama baik sekolah, DUDI maupun Disnaker, semoga dengan adanya workshop Penguatan Kelembagaan BKK SMK Negeri 6 Surakarta, kualitas murid dapat lebih ditingkatkan sehingga visi dan misi sekolah dapat tercapai dan lulusan dapat terserap dengan optimal.

Oleh: Sri Setyaningsih