PENGUKUHAN PASKIBRA 2023

Bertempat di aula SMK Negeri 6 Surakarta, suasana yang cukup khidmat dirasa oleh semua hadirin yang memadati tempat tersebut. Sebanyak 45 Siswa yang didampingi para orang tua, mengikuti pengukuhan PASKIBRA.  Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2023, dikukuhkan oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd didampingi oleh Pembina Paskibra Bapak Dian Budiawan, S.Pd, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Danang Eko Sutrisno, SPd.

Selain orang tua pasukan pengibar bendera, kegiatan pengukuhan juga dihadiri Alumni Paskibra sebagai pelatih, atau pun juga yang datang hanya sebagai motivator kepada adik tingkatnya yang sedang mengikuti pengukuhan. Pengukuhan dilaksanakan pada Rabu malam, 16 Agustus 2023, pada jam 19.00 WIB. Paskibra yang telah berlatih selama kurang lebih 1 bulan akan bertugas pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78 yang dilaksanakan di halaman depan SMKN Negeri 6 Surakarta. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, proses pengukuhan dilanjutkan Pembacaan Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin Kepala SMK Negeri 6 Surakarta yang diikuti oleh seluruh Paskibra. Pengukuhan ini bermakna bahwa Paskibra berjiwa ksatria, bertanggung jawab, rela berkorban untuk Tanah Air tercinta, yang dilanjutkan amanat dari Pembina yang berisi agar Paskibra selalu semangat tidak malas dalam menyongsong masa depan.

Di penghujung acara terlihat suasana yang cukup mengharukan pada saat para pasukan pengibar bendera melakukan sungkem kepada orang tuanya masing-masing, mohon doa restu agar tugas mulia esok pagi dapat berjalan lancar. Terlihat juga Ibu Titik, panggilan akrab Ibu Kepala Sekolah, memeluk salah seorang anggota Paskibra yang menangis tersedu-sedu melihat seluruh rekannya dipeluk oleh orang tua masing-masing, sedangkan orang tuanya berhalangan hadir untuk menyaksikan pelantikan putranya. Dengan penuh rasa keibuan, Ibu Titik memberikan semangat dan nasihat bijak agar tegar dan semangat melaksanakan tugas esok pagi, besar hati, dan semoga sukses. Sebelum acara pengukuhan ditutup, Pembina upacara memberikan ucapan selamat juga kepada orang tua Paskibra yang sebelumnya juga bersama Pembina Paskibra dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan berkeliling bersalaman satu-persatu kepada seluruh Paskibra yang akan bertugas esok hari, pada saat upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Sukses Paskibra SMK VISKA.

(Penulis: E Retna Palupi, SPd, MPd)