Persiapkan Dirimu Maju dalam Jumat Motivasi Viska

Literasi tematik untuk Jumat (18/8/2023) pagi kali ini adalah Jumat Motivasi. Diawali tepat pukul 07.00 WIB, Bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd memberikan intruksi kepada seluruh siswa SMK Negeri 6 Surakarta agar berkumpul di lapangan tengah, tepatnya di depan perpustakaan.  Setelah siswa berkumpul dengan tertib dan rapi, kegiatan Jumat Motivasi dimulai oleh Bapak Sopater Gunawan dari SBRI Surakarta.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Topi Saya Bundar bersama para siswa. Gerakannya sekaligus sebagai ice breaking. Bapak Sopater mengajak siswa untuk menjawab pertanyaan “Apa gunanya topi? Letaknya dimana?” Beberapa siswa menjawab bahwa topi gunanya untuk melindungi kepala dan letaknya di kepala. Kemudian Bapak Sopater menambahkan bahwa sekalipun topi itu kotor atau sobek namun tidak mengurangi kegunaannya. Sama halnya dengan kita sebagai manusia, hal pertama yang harus kita miliki adalah identitas diri. Tidak akan bisa maju seorang manusia apabila mengalami krisis identitas. Krisis identitas yang kerap kali kita temui adalah apabila baju, sepatu, HP tidak mahal maka akan membuat kita merasa minder dan tidak percaya diri. Beliau memberikan motivasi kepada siswa bahwa kita semua diciptakan spesial dan mempunyai fungsi yang semestinya. Identitas bukan terletak pada benda yang kita pakai atau miliki tapi pada kualitas diri kita.

Selanjutnya adalah mengenai menjadi pribadi yang siap menjadi pemenang di dunia kerja. Ada 3 hal yang harus dipersiapkan yaitu pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan sikap/perilaku (attitude). Pengetahuan penting untuk dimiliki, kita harus menguasai bidang yang sedang kita pelajari agar kita dapat menjadi seseorang yang berwawasan dan mampu menghadapi tantangan. Ketrampilan, siswa SMK sudah pasti dibekali dengan ketrampilan. Ketrampilan bisa membuat kita menjadi seseorang yang berkompeten. Penting bagi semua siswa untuk memiliki ketrampilan supaya bisa bertahan hidup dengan kualitas diri yang baik. Sikap, tidak kalah penting dari dua aspek sebelumnya. Sopan santun, etika, budi pekerti harus kita junjung tinggi dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya kita bisa menjadi insan yang rendah hati, menghargai orang lain, dan berakhlak mulia. Sering kita temui bahwa perkataan lebih tajam dari pisau, maka katakanlah kata-kata yang membangun untuk menghasilkan hal yang positif baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Untuk menutup kegiatan Jumat Motivasi, Bapak Sopater Gunawan mengajak para siswa untuk pekik Merdeka sebanyak tiga kali dengan berdiri dan diakhiri tepuk tangan yang meriah.  Kemudian, Bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd mengambil alih kegiatan dengan menanyakan adakah siswa yang berulang tahun pada hari ini. Priska Widya Astuti kelas X AKL 2 maju ke depan dan diberikan hadiah manis karena berulang tahun pada hari ini. Beliau kemudian melemparkan tiga pertanyaan kepada siswa terkait materi Jumat Motivasi yang sudah disampaikan oleh Bapak Sopater Gunawan. Bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan beliau maka diberikan hadiah manis. Tepat pukul 08.00 WIB kegiatan Jumat Motivasi berakhir dengan lancar dan siswa kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

 

Oleh : Risti Nur Imansari, S.Pd.