TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU BERSAMA SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Bukanlah hal yang mudah meraih kata Merdeka

Butuh tumpahan darah

Melalui tubuh yang terluka

Semangat pahlawan bukan untuk dikenang

Tetapi jadikan inspirasi untuk memajukan bangsa

Selamat Ulang Tahun ke-78 Indonesiaku

 

Rabu, 15 Agustus 2023 SMK Negeri 6 Surakarta menggelar lomba-lomba yang dimeriahkan oleh siswa dan guru serta karyawan. Lomba digelar selama dua hari berturut-turut. Acara tersebut sudah dinanti oleh seluruh civitas akademik SMK Negeri 6 Surakarta. Masing-masing divisi telah menyiapkan atlet-atlet dan artis terbaiknya untuk dapat menyabet gelar juara dalam lomba.

Perlombaan berlangsung di tiga lokasi yakni halaman utama, halaman tengah, dan halaman depan perpustakaan. Halaman utama menjadi lokasi perlombaan antar siswa. Hari pertama, perlombaan terdiri dari estafet balon air, memasukkan pensil ke dalam botol, dan tarik tambang untuk siswa putri.

Hari pertama perlombaan berlangsung sangat seru. Gegap gempita penonton dan suporter bergemuruh memenuhi halaman utama SMK Negeri 6 Surakarta. Laksana sebuah pertandingan sepak bola para suporter meneriakkan yel-yel sembari menabuh genderang untuk membakar semangat para pemain yang mewakili kelas mereka. Pemain menjadi semakin bersemangat dalam bertanding menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kegembiraan tergambar dari semua wajah-wajah siswa yang ikut bergabung dalam perlombaan maupun suporter. Terik matahari tak menyurutkan semangat mereka. Debu tidak mengurangi semangat mereka yang semakin menderu.

Sementara itu, guru dan karyawan tak mau kalah dalam memeriahkan HUT ke-78 RI. Mereka menunjukkan bakat-bakat terpendam dan keterampilan dalam ajang pencarian bakat lomba karaoke dan pingpong. Para artis SMK Negeri 6 Surakarta menunjukkan suara emasnya. Penonton pun terhipnotis dengan kemerduan suara Bapak Ibu guru dan karyawan. Penonton ikut bernyanyi dan berjoget terbawa rancaknya musik.

Di sebelah utara berlangsung lomba pingpong. Para atlet dengan gemulainya memainkan si kecil putih mungil. Bolapun dengan manisnya menari di atas meja. Sabetan bed dari para jagoan membuat si putih bergerak lincah ke sana kemari. Jurus-jurus andalan dikeluarkan untuk menaklukkaan lawan di atas meja. Wasit pun dibuat bekerja keras untuk mengawal pertandingan.

Hari kedua perlombaan, Kamis, 16 Agustus 2023 merupakan puncak keseruan lomba antarsiswa dan antarguru SMK Negeri 6 Surakarta. Sejak pagi, siswa sudah berkumpul memenuhi halaman utama mengenakan atribut dan riasan yang serba meriah. Mereka menyiapkan sejak dini peralatan suporter karena di hari kedua ini kekompakan dan keseruan suporter dilombakan juga. Para suporter menunjukkan aksi-aksi menarik untuk meraih gelar best supporter.

Lomba siswa di hari kedua ini diikuti oleh siswa putra sekaligus final dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Keseruan sangat nampak menghiasi pertandingan. Siswa semakin terbakar semangatnya mengingat ini adalah hari penentuan kejuaraan lomba. Suporter pun semakin semangat meneriakkan yel-yel dan dukungan untuk kelas mereka. terlihat bukan hanya para atlet saja yang berlomba namun juga para suporter. Mereka sahut menyahut menyanyikan yel-yel. Persaingan yang panas kian terasa namun mereka tetap menjaga sportivitas lomba.

Perlombaan antar guru di halaman tengah juga kian memanas. Bapak Ibu guru dan karyawan sudah siap dengan seragam tempur mereka. Diawali dengan lomba voli air, masing-masing divisi mengirimkan atlet terbaiknya untuk bertanding. Keseruan mengayunkan bola berisi air dengan kain berhasil membuat para penonton berseru. Sorak sorai penonton memberikan dukungan masing-masing divisi semakin membuat suasana riuh.

Tak ingin tertinggal momen keseruan lomba, Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. ikut terjun ke arena permainan. Beliau mengikuti lomba voli air berkawan dengan guru matematika melawan para wakil kepala sekolah.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Merdeka berarti bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya). Merdeka juga berarti berdiri sendiri. Dengan mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” Republik Indonesia merayakan HUT ke-78. Pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 di SMKN 6 dilaksanakan Upacara Bendera. Semua civitas akademik melaksanakan upacara bendera dengan mengenakan pakaian adat/ tradisional.

Upacara berlangsung secara khidmat. Bertugas sebagai Pembina upacara, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Pd., M.Pd. membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah. Dalam amanatnya, gubernur mengajak kita untuk senantiasa bersyukur dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya pada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk meraih kemerdekaan. Gubernur juga mengucap terima kasih tak terkira pada para petani, buruh pabrik, para guru, romo, kiai, dan seluruh pemuka pemuka agama. Cara terbaik mensyukuri kemerdekaan adalah dengan meningkatkan pelayanan publik di seluruh sektor dan menjadi pegawai yang berintegritas tinggi.

Saat pengibaran bendera, tampak Paskibra berjalan dengan gagahnya menuju tiang penghormatan. Pasukan tersebut sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya guna membawa dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Para pasukan berjalan dengan kompak. Melangkah mengikuti aba-aba dari pemimpin pasukan.

Berkibarlah Sang Saka Merah Putih

 

Bangga, senang, haru menyelimuti kalbu

Kala ku kibarkan Sang Saka Merah Putih

Menuju tiang penghormatan

 

Dengan langkah tegap penuh semangat

Dengan kepalan tangan tertutup erat

Dengan dada terbusung kuat

Dengan pandangan penuh khidmat

Kami memang tak merasakan bertaruh nyawa

Membawamu saat bertempur di medan laga

Namun kami bisa merasakan betapa bangganya

Para pejuang kemerdekaan

Meletakkan Merah Putih di dada

Mengobarkan semangat juang penuh asa

Hingga berkibar bebas bendera Indonesia

Tanda kemerdekaan dalam genggaman kita

 

Di hari Kamis, tanggal 17 Agustus 2023

Di hari peringatan kemerdekaan disaksikan Pelajar Pancasila

Berbaris rapi siap menghormat bendera

Bentuk Syukur kepada Yang Maha Kuasa

Wujud terima kasih kepada pejuang bangsa

Ku kibarkan bendera Indonesia

Diiring lagu Indonesia Raya

Kini Sang Merah Putih mengangkasa

Berkibar dengan gagahnya.

 

Penulis : Tim MGMP Bahasa Indonesia Viska