PARTISIPASI DUKUNGAN VOTING NOMINASI API AWARD 2023 VISKA

Jumat tematik pekan ini (25/08/2023) ada yang sedikit berbeda. Siswa-siswi SMK N 6 Surakarta berkumpul di halaman tengah untuk menyambut kedatangan Putra – Putri Solo 2023 dalam rangka Sosialisasi Partisipasi Dukungan API Award 2023 dari Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Kedatangan mereka disambut riuh gemuruh tepuk tangan dari semua siswa dan guru.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Disamping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak baik masyarakat, pihak industri/swasta maupun pemerintah daerah dari provinsi, kabupaten, dan kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomoi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing – masing daerah.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMK Negeri 6 Surakarta, pasalnyaPutri Solo 2023, Alena Pinastika Shafira merupakan alumni tahun 2021, kompetensi keahlian multimedia didampingi Putra Solo 2023, Otto Chrimawan Candela, yang pada  kesempatan kali ini mengajak adik – adiknya untuk berpartisipasi memberikan vote dukungan API Award 2023. Mbak Alena dan Mas Otto menjelaskan secara detail beberapa cara untuk bisa memberikan dukungan, yaitu dengan cara mengirimkan via SMS premium, dengan ketik  API 13 A untuk nominasi Atraksi Prajurit Keraton dan API 17H  untuk nominasi Pracima Tuin, kirim ke 99386, langkah kedua Via Youtube channel APIaward klik like dan comment dan langkah terakhir Via Instagram @ayojalanjalanindonesia siswa wajib follow, like dan comment akun IG tersebut.

Di sela–sela waktu menunggu siswa memberikan dukungan, Mas Otto dan Mbak Alena tak lupa memotivasi adik – adiknya untuk bisa ikut serta dalam ajang pemilihan Putra-Putri Solo 2024. Mbak Alena juga  mengingatkan anak muda Solo tidak cukup hanya menjadi orang pintar, smart, dan berpengetahuan luas namun juga harus memiliki subasita dan tatakrama (Brain, Beauty and Behaviour).

Di akhir kegiatan sosialisasi, Mbak Alena, Mas Otto didampingi  dua pegawai dari Dinas Pariwisata , Mbak Aditya Indriyana dan Mbak Elinia Fransika, membagi-bagikan hadiah kepada 12 siswa yang telah mendukung API Awards 2023, baik dari Youtube ataupun IG. Semua siswa berebut maju ke depan untuk bisa mendapatkan hadiah menarik, mereka tidak menyia – nyiakan kesempatan berharga ini, kapan lagi mereka bisa berfoto bersama Putra -Putri Solo 2023 kalau bukan sekarang.

 

 

Oleh: Susilowati