PASKI VISKA JAYA RAIH 4 PIALA LKBB KOMPAS KE-7

Minggu, 27 Agustus 2023  Kompetisi PBB antar Sekolah (Kompas) Festival Musim Panas Kompas Hardiknas ke-7 Tahun 2023 Tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah telah dilaksanakan. Perlombaan Baris Berbaris ini diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa (MENWA) UIN Surakarta.  Berbeda dengan Tahun Sebelumnya, untuk tahun ini perlombaan baris berbaris diselenggarakan secara Offline. LKBB Kompas diikuti oleh sejumlah kontingen dari SMA/SMK/MA baik swasta  maupun negeri yang tesebar di wilayah jawa tengah. Salah satunya adalah Pasukan Pengibar Bendera SMKN 6 Surakarta (PASKI VISKA).

Kontingen  SMKN 6 Surakarta, dibawah pembinaan Dian Budiawan, S.Pd. merupakan salah satu peserta yang mengikuti ajang tersebut dan Berhasil meraih Juara Purwa 1, Juara Best Vlog, Juara Best Like, Juara Favorit Best Vote dalam perhelatan Lomba PBB Kompas Hardiknas. Kontingen SMKN 6 Surakarta beranggotakan 13 peserta, dipimpin oleh satu komandan peleton (Danton).

 

JUARA PURWA 1

 

JUARA BEST VLOG

 

JUARA FAVORIT BEST VOTE

 

JUARA BEST LIKE

 

“Kegiatan LKBB ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hardiknas ke-7 Diikuti oleh 25 Sekolah se-Jawa Tengah.”

 

“Tujuan kami mengikut sertakan anak anak dalam ajang tersebut agar menambah pengalaman dan keterampilan PBB untuk dikembangkan dan dipraktekkan disekolah, meningkatkan kualitas pelajar sebagai pengabdian sosial, meningkatkan jiwa kompetisi dan keterampilan PBB siswa, sekaligus sebagai ajang kreativitas dan kegiatan positif dan menumbuhkan semangat berorganisasi anggota paskibra.” demikian yang disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK Negeri 6 Surakarta, Danang Eko Supriyanto, S.Pd.

Tema Paski Viska akan menampilkan pasukan Jelita yang akan membawakan gerakan PBB, Variasi, dan Formasi dengan amsal yang menceritakan tentang wanita bangsa yang berani, anggun, cantik, dan mempesona. Wanita yang memiliki sejuta mimpi, harapan, dan bukan hanya sekedar angan tetapi sebuah harapan yang harus ditunjukan kepada dunia bahwa mereka bukan wanita lemah.

“Kegiatan lomba PBB ini Seru, asyik dan dapet pengalaman baru, bisa lebih deket sama temen-temen dapat kenalan baru dari kontingen lain.” Ujar salah satu peserta dengan raut bangga dan ceria.

“Walaupun dalam lomba ini kami belum mendapat juara umum namun Kegiatan ini mampu meningkatkan semangat siswa dalam melaksanakan latihan rutin paskibra dan meningkatkan kemampuan PBB siswa. Harapan kami, semoga kedepan kegiatan LKBB terus diadakan setiap tahunnya dan mengalami peningkatan kualitas kepanitiaan dan penjuriannya..” seperti yang disampaikan oleh kepala sekolah, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. di sela-sela ucapan selamat atas prestasi anak-anak didik dengan penuh rasa keibuannya.

 

Oleh: Dian Budiawan