“HEROES IN RED” – DONOR DARAH PMR WIRA VIVOHASKA

Yuk ke stand Viska jajan tela tela

Rasanya enak lagi, lagi dan lagi

Eh ada apa tuh di Lobby Barat Viska

Ternyata PMR Viska ada donor darah lagi

 

Siamo Tutti Fratelli…!!!

Dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia pada 3 September dan Hari Palang Merah Nasional pada 17 September yang ke-78, PMR Wira SMK Negeri 6 Surakarta bersama PMI Kota Surakarta menggelar kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 13 September 2023 yang bertempat di Lobby Barat serta diikuti oleh siswa, guru dan karyawan SMK Negeri 6 Surakarta. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu upaya PMR Wira SMK Negeri yang terletak di lokasi strategis ini, untuk membantu PMI Kota Surakarta dalam memenuhi ketersediaan kebutuhan darah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

Mengusung tema HEROES IN RED”, MENOLONG SEPENUH HATI yang menggambarkan para pendonor darah sebagai pahlawan yang menyelamatkan nyawa sesama dengan membantu sepenuh hati. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh PMR Wira SMK Negeri 6 Surakarta.

Para peserta donor darah tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka menyatakan senang dan bangga dapat membantu sesama dengan mendonorkan darahnya. “Saya senang dapat ikut donor darah. Walaupun agak takut karena ini adalah pertama kalinya saya donor darah. Pengalaman pertama membantu orang melalui donor darah,” ujar Haidar, siswa kelas XII DKV 1. Berbeda dengan Indira, siswi kelas XII PF yang memang sudah beberapa kali berpartisipasi sebagai pendonor dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan di SMK Negeri yang dikepalai oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. ini. “Sudah tidak takut lagi, sangat senang dan bangga bisa ikut donor darah lagi,” sahutnya. Ketua PMR Wira SMK Negeri 6 Surakarta, Rina Oktavia Riasis, siswi kelas XII DKV 2, mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial kepada sesama manusia. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan rasa peduli dan kemanusiaan para siswa serta menginspirasi untuk turut serta dalam kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah ini berlangsung tertib dan lancar. Peserta donor darah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari PMI Surakarta. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, peserta donor darah dapat mendonorkan darahnya. Tercatat sebanyak 50 kantong darah berhasil terkumpul. Darah yang terkumpul akan didistribusikan kepada PMI Kota Surakarta untuk membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah. Para pendonor darah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mendapatkan bingkisan dan snack sebagai bentuk apresiasi dari panitia.

Ayudahumanitaria ya…ya…yaa!!! PMR Vivohaska Jaya!!!

Menolong sepenuh hati, tanpa paksaan

Heroes in Red tema Donor Darah Viska

Semangat selalu para pejuang kemanusiaan

Selamat menyongsong Hari Palang Merah Indonesia

Langit Surakarta yang sangat indah

Seindah senyuman Ibu Iddo Christiana

Yuk semuanya kita rutin donor darah

Giat bantu sesama selamatkan nyawa

 

Oleh : Lidya Putri Herawati