Daging Semua Materi Hari Pertama Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah

SMK Negeri 6 Surakarta menggelar Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah yang merupakan rangkaian kegiatan Program SMK PK Pemadanan Industri.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Aula SMK Negeri 6 Surakarta dimulai pada tanggal 13  September 2023 itu menghadirkan nara sumber dari BBPPMPV Senbud dan 90 tenaga pendidik setempat.

Kegiatan Hari pertama (Rabu, 13 September 2023) dibuka oleh Pengawas pembina SMK Negeri 6 Surakarta Dra. Retnaningsih, M.Pd. beliau berpesan bahwa Anak didik kita itu ibarat taman bunga yang mempunyai karakter masing – masing sehingga setiap guru harus paham metode pembelajaran dan assasment yang tepat bagi tiap anak, untuk itu guru harus selalu meng-upgrade diri. Diharapkan dengan program workshop ini bisa meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kepala SMK N 6 Surakarta Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd menyampaikan bahwa Sesuai dengan Visi SMK Negeri 6 Surakarta kita sebagai guru harus selalu upgrade diri mengacu pada kebutuhan murid sesuai kodrat alam dan kodrat zaman dengan memberikan pelayanan terbaik di dunia pendidikan.

Beliau juga mengutip Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara bahwa “Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan yang ada pada anak – anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagaian yang setinggi – tingginya baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat”. Sehingga sebagai seorang guru berkewajiban melakukan adaptasi dengan perubahan dan menguasai metode pembelajaran yang terbaik untuk anak didiknya. Sehingga melalui Kegiatan Workshop yang dihadiri para tenaga pendidik dari SMK N 6 Surakarta akan menambah wawasan pembelajaran yang lebih luas dan berkualitas.

Kegiatan Selanjutnya adalah paparan meteri yang disampaikan oleh Drs. Kartiman dari BBPPMPV Senbud yang meliputi :

  • Assement dan Refleksi Pembelajaran
  • Pembelajaran Berdiferensisi
  • Kompetensi Sosial Emosional (KSE) dan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)
  • Pembelajaran PBL (Project Base Learning)

Selama Workshop berlangsung para guru peserta workshop terlihat antusias menyimak materi tersebut serta sangat aktif memanfaatkan sesi tanya jawab.

Di bagian terakhir Workshop hari pertama ini adalah kegiatan diskusi yang di pimpin oleh Wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum dengan materi merancang Assement pembelajaran oleh guru pengampu mapel masing – masing. Rencananya, Kegiatan Workshop ini akan dilaksanakan mulai tanggal 13 – 15 September 2023 mendatang.

Penulis: Ika Rohfianti