RENYAH DAN MENYENANGKAN WORKSHOP PEMEBELAJARAN GURU DI SEKOLAH HARI KEDUA

Hari Kamis, tanggal 14 September 2023 hari kedua masih diadakan Workshop Pembelajaran Guru di Sekolah  di Aula SMK Negeri 6 Surakarta dengan Tema hari ini “Pengembangan Refleksi Pembelajaran Guru” bersama Narasumber Ibu. Maya Harsasi, S.Pd., M.Pd dari SMKN 1 Tengaran yang juga menjadi  Penulis Buku Erlangga Matematika Kelas X.

Beliau mengatakan bahwa Proses pembelajaran berhasil atau tidak, gurulah yang mengetahui. Lalu apa perbedaan antara evaluasi dan refleksi? Evaluasi adalah proses menganalisis peristiwa yang terjadi selama kegiatan pembelajaran dan  hasil dari kegiatan tersebut sedangkan Refleksi  adalah memaknai secara holistik peristiwa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran untuk dijadikan dasar bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran. Refleksi mempunyai 2 penopang, yaitu: Evaluasi  (Alat ukur) dan tindak lanjut.

Tujuan dari Refleksi adalah: menemukan solusi, menggali ide, mengasah potensi. Refleksi  mencakup 3 ranah yaitu : Perencanaan, Proses, dan Hasil. Kuncinya adalah Kesadaaran diri, Jujur dan bersikap terbuka, dan Tanggung Jawab.  Terdapat 4 perspektif untuk melakukan refleksi : Lensa diri, Lensa pembelajar, Lensa rekan sejawat, dan Lensa teori atau literatur

Assesment dalam Kurikulum Merdeka terdiri  dari 2 : Assemen formatif  (Memperbaiki Proses Pembelajaran). Asesmen yang dilakukan dengan tujuan memantau pembelajaran murid dan memberikan umpan balik yang berkala, dan berkelanjutan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Assesmen sumatif adalah asesmen yang dilakukan untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi di akhir pembelajaran. Karenanya, asesmen sumatif memiliki taruhan tinggi karena berpengaruh terhadap nilai akhir

  • Refleksi ada 2 yaitu :
    1. Model Awal-Tengah -Akhir
  1. Refleksi Tahap Awal : Refleksi pada saat persiapan pembelajaran atau dari pengalaman yang lalu (Diferensiasi proses).
  2. Refleksi Tahap tengah : Refleksi pada saat proses pembelajaran
  3. Refleksi Tahap akhir : Reflkesi berdasarkan hasil assesmen
    1. Model Situasi-Makna-Aksi
      1. Tahap Situasi : Apa yang terjadi
      2. Tahap Makna : Apa pelajaran yang saya dapat dari situasi ini

Tahap Aksi : Apa yang harus saya lakukan sekarang

Refleksi di dalam  pembelajaran antara guru dan siswa sangat penting dilakukan agar guru dapat mengevaluasi kinerja guru maupun pemahaman siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Penulis: Fauzul Muna