GURU TAMU INDUSTRI MENGAJAR PROGRAM KEAHLIAN USAHA LAYANAN PARIWISATA

Senin lalu, tanggal 16 Oktober 2023, bertempat di Aula SMK Negeri 6 Surakarta, diadakan kegiatan Guru Tamu Industri bagi siswa-siswi Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata. Tujuan diadakannya kegiatan ini salah satunya adalah membuka wawasan seluas-luasnya bagi para siswa tentang dunia industri, dalam hal ini adalah industri pariwisata.

Kegiatan ini terbagi atas dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh siswa-siswi kelas X ULP 1,2,3 dengan narasumber Bapak Panji Ryan Eka Saputra. Beliau adalah staf PT Gapura Angkasa yang menyediakan berbagai macam jasa pendukung operasi bandar udara. Tema pada sesi ini adalah “ Passenger Service Assistant (PSA): Peluang dan Tantangannya”. Dalam paparannya, narasumber memberikan gambaran kerja dan tugas seorang PSA serta peluang kerjanya saat ini. Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti penjelasan dari narasumber. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para siswa kepada narasumber. Narasumber sendiri yang merupakan alumni SMK Negeri 6 Surakarta juga menyatakan sangat gembira dengan diadakannya kegiatan ini karena selain bisa menjalin silaturahim, beliau juga bisa menularkan ilmunya kepada siswa-siswi ULP.

Sesi kedua adalah kesempatan bagi para siswa kelas XI ULW 1,2,3 untuk mendapatkan materi dari guru tamu industri. Narasumber kali ini adalah Ibu Vitara Aryani,SH, owner dari Mandira Tour and Travel. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Wakil Ketua ASITA Solo Raya. Dalam paparannya yang berjudul “Trend Outbound Tour Dalam Industri Pariwisata”, beliau menjelaskan tentang perbedaan persepsi masyarakat tentang istilah Outbound Tour. Dalam dunia pariwisata, Outbound Tour adalah tindakan bepergian ke luar negara asal untuk tujuan pariwisata. Sementara di masyarakat awam istilah outbound tour adalah kegiatan di alam terbuka dengan berbagai bentuk kegiatan permainan. Narasumber juga menegaskan dengan berlalunya pandemi, trend Outbound Tour semakin naik, utamanya karena promosi besar-besaran oleh pemerintah masing-masing negara yang memberikan diskon dan keuntungan bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke negaranya.

Diharapkan dengan kegiatan guru tamu industri ini, para siswa benar-benar mendapatkan gambaran tentang dunia kerja dan bagaimana mereka menyiapkan diri mereka nantinya apabila mereka melakukan kegiatan PKL maupun saat mereka bekerja. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama.

 

Penulis: Ariandriani