SERVICE EXCELLENT SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Sejuk angin yang sepoi-sepoi menambah segarnya suasana di pagi yang indah. Cerah, semangat buat semuanya. Biarlah hari ini kita tetap berkarya dengan suasana yang gembira. Selasa, 24 Oktober 2023 SMK Negeri 6 Surakarta, untuk jurusan MPLB (Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis) mengundang guru tamu dari SSB atau yang dikenal dengan Spesial Soto Boyolali, dengan pembicara bapak Arizal Prayudiyanto.

Acara dimulai pada pukul 08.00 oleh ibu Endang Retna Palupi, S.Pd,M.Pd selaku Humas SMK Negeri 6 Surakarta untuk mewakili Kepala Sekolah, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si,  M.Pd. Tentunya tidak lepas berkat bimbingan dari Kepala Sekolah selaku pelindung, agar tetap SMK Negeri 6 Surakarta maju menjadi yang terdepan.

Tetap semangat, yuk kita mau belajar tentang Service Excellent. Apa itu Service Excellent… kita bahas bersama ya. Sebagai pembuka untuk mengerti bahwa anak SMA beda dengan anak SMK. Anak SMA dipersiapkan untuk belajar lanjut ke jenjang yang lebih tinggi atau study lanjut. Anak SMK dipersiapkan untuk bekerja. Tidak menutup kemungkinan bahwa anak SMK bisa juga study lanjut atau ke jenjang lebih tinggi.

Service excellent diterapkan berbagai usaha untuk membangun rasa kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan sehingga terhindar dari kerugian atau tuntutan tertentu. Ada enam unsur yang melandasi service excellent, yaitu attitude, attention, action, ability, appearance, dan accountability.

Service excellent merupakan tingkat pelayanan yang menjadi incaran atau berusaha diterapkan banyak perusahaan untuk mencapai respon terbaik dari pelanggan. Tanpa service excellent, sulit bagi pelanggan untuk mempertahankan loyalitasnya terhadap suatu usaha. Berikut ini tujuan, contoh, dan cara menciptakan service excellent!

Mengutip pernyataan mantan Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmawata dari situs djkn.kemenkeu.go.id, service excellent adalah “the art of creating value for others” yang berarti “seni menciptakan nilai bagi orang lain.” Dengan kata lain, service excellent merupakan pelayanan yang mampu memberikan nilai tambah dan mengubah layanan biasa menjadi pengalaman menyenangkan, yang kemudian menjadi pembeda dan identitas unik bagi si pemberi jasa.

Sementara itu, Universitas Islam Negeri menjelaskan pelayanan prima (service excellence) sebagai pelayanan yang terbaik karena memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Pelayanan prima menjadi suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas pelayanan sehingga memenuhi harapan serta kepuasan pelanggan atau masyarakat.

Contoh beberapa Unsur-unsur Service Excellence
Setelah aspek penerapan, ada juga unsur atau faktor dalam service excellent yang disingkat menjadi A6 menurut Barata, yaitu:

Attitude (Sikap), yaitu perilaku yang perlu ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan. Sikap ini meliputi penampilan yang sopan dan serasi, berpikir positif, sehat dan logis, serta menghargai.

Attention (Perhatian), yang berarti menaruh kepedulian terhadap kebutuhan atau keinginan pelanggan, hingga memahami saran dan kritik yang diberikan pelanggan untuk diperbaiki.

Pada bidang kuliner dapat mendefinisikan service excellent dengan menjaga kualitas dan kesegaran bahan makanan yang digunakan, penyajian tepat waktu, dan kualitas rasa yang memuaskan pelanggannya. Meski telah mengetahui aspek dan unsur-unsur yang berlaku, suatu service excellent tidak akan terwujud tanpa penerapan yang nyata.

Antusias anak-anak menerima materi Sercive Excellent ditunjukkan dengan banyaknya anak yang bertanya ke narasumber antara lain: Dimas: apa contoh konkret costumer aktif? Maisya: Pada bagian apa saja service excellent bisa diterapkan? Laila: Bagaimana cara penanganan costumer complain? Nadila: Pernahkah perusahaan mengimplementasikan workshop untuk karyawan terkait service excellent? Rani: Bagaimana penerapan service excellent di luar jam kerja? Patarina: Apa syarat bergabung di PT. SSB?

Inilah anak- anak kita SMKN 6 Surakarta yang cerdas dan pemberani dalam berkomunikasi.

Demikian yang bisa saya tulis untuk pengetahuan bagaimana kita belajar tentang Service Excellent. Maju terus buat SMKN 6 Surakarta dan jangan lelah untuk selalu berkarya menciptakan buah-buah yang siap di tuai.

Maju bersama ciptakan karya yang baru. Buat Viska apa yang dapat ku persembahkan.

Hanya coretan lewat gerakan tangan. Bisa menjadikan sebuah karya, yang dapat dinikmati bersama. Maju Viskaku…tetap jaya. Semerbak bau harum namamu. Di kancah pendidikan mendunia. Coretan tangan ini persembahanku buat Viska.

Salam kemenangan…

Penulis: Maranatha Prapti