KMVI dalam balutan KREASSO 2023

Selasa, 24 Oktober 2023 dalam panggung dan ruang ekspresi bertajuk Kreasso 2023, bertempat disalah satu titik kumpul yaitu Convention Hall Terminal Tirtonadi. Kegiatan kreatifitas seni anak Solo ini dihelat selama 2 hari, 24 dan 25 Oktober 2023. Acara ini merupakan agenda tahunan yang digawangi oleh dinas Pendidikan kota Surakarta. Kressso tahun 2023 mengusung tema “Satu Bangsa Aneka Budaya Merangkai Kebinekaan Global”, dengan beberapa agenda kegiatan yang dihadirkan. Beberapa kegiatan yang dihadirkan antara lain: performing art, expo, talk show, food corner UMKM, adalah deretan acara yang diharapkan dapat memeriahkan seluruh rangkaian acara yang digelar pagi hingga malam hari, dimana setiap harinya terbagi menjadi tiga sesi.

Salah satu tujuan Kreasso adalah memberikan ruang branding bagi peserta didik kota Surakarta, mulai dari PAUD, TK, SMP, SMA dan SMK untuk mengasah ekspresi baik melalui media gerak, harmonisasi diatonis/ slendro pelog, maupun wujud goresan gagasan kreatifitas melalui pesan komposisi warna nan indah dalam stand expo satuan pendidikan. Dalam pelaksanaanya, dinas pendidikan kota Surakarta berkolaborasi dengan OSIS SMA maupun SMK yang ada di kota Surakarta, mereka dilibatkan sebagai upaya untuk berlatih bagaimana mengelola suatu event dari awal sampai akhir kegiatan. Panggung kreasso 2023 digelar secara indoor, dimeriahkan 82 performing art dari berbagai satuan pendidikan di Solo. Yang terdiri dari 45 performing art hari pertama dan 37 performing art dihari kedua. Di area sekitar panggung didominasi stand-stand expo berbagai jenjang pendidikan dengan menampilkan beberapa hasil karya maupun prestasi sekolah masing-masing.

Sore hari menjelang malam kota Solo sempat diguyur hujan, didahului angin yang begitu kencangnya, bahkan di sepanjang perjalanan menuju Convention Hall, lampu mati. Hal tersebut tidak menyurutkan tekad para siswa SMK Negeri 6 Surakarta untuk tetap menghadiri dan mengisi performing art. Para siswa SMK Negeri yang tergabung dalam wadah KMVI sangat anstusias dalam menyiapkan perfom nya. KMVI ini terdiri dari 8 personal: Viona pada Keybord, Cheisya (vocal), Fauza, Orvino (Bass), Haidar, Dava (Gitar), dan Athala, Zahra (Drum). “Persiapan performing art ini, kami berlatih selama kurang lebih seminggu dengan kolaborasi dari kelas X dan XI”, tandas Fauzan selaku ketua KMVI. Haidar menambahkan, “bahwa dalam proses berlatih kami mengkombinasikan latihan baik di sekolah maupun di studio musik, menurut kami hal ini untuk menambah kemampuan maupun merasakan bermain musik ditempat yang berbeda.”

Performing art Kreasso 2023 KMVI mengusung genre musik bernuansa jiwa anak muda yakni band. Sesuai rundown dari panitia KMVI akan perfom pukul 20.30, namun meskipun perfom terhitung mundur dari jadwal seharusnya para personal tetap semangat di backstage, sesekali mereka mencoba menghilangkan nervous/ sensasi deg-degan dengan obrolan-obrolan untuk menghalau rasa tersebut. Akhirnya waktu 21.30 pun melintas, saat nya KMVI loading beberapa alat musik yang mereka bawa sendiri, kurang lebih 10 menit loading, MC panggung menyapa KMVI setelah para personal menuju instrumennya masing-masing. Gebukan drum menandakan bahwa intro lagu pertama dimulai, disambut dengan permainan gitar, bass, keybord mengiringi sang vokalis mengalunkan lirik-lirik lagu yang berjudul “Kangen” yang dipopulerkan oleh Dewa19.

Terlihat vokalis mengusai panggung dengan mengajak penonton melambaikan tangan sekaligus bernyanyi pada bagian reff. Terlihat pula ada satu yang istimewa, yakni ketika terlihat penonton memberikan sekuntum bunga mawar merah kepada sang vokalis, sesaat pula terdengar tepukan tangan, riuh dari para penonton. Kurang lebih 5 menit lagu pertama selesai dibawakan, sambil menunggu pergantian personal terdengar vokalis memperkenalkan diri sekaligus perkenalkan sekolah tempat menimba ilmu. Lagu kedua, KMVI menampilkan lagu bercorak lagu internasional yaitu berjudul “Don’t Look Back in Anger” yang dipopulerkan oleh Oasis. Akhirnya, 2 lagu persembahan KMVI untuk Kreasso 2023 sukses dibawakan dengan lancar dan apik, sekaligus menyudahi performing art persembahan KMVI dari SMK Negeri 6 Surakarta.

 

Oleh: Istiningtyas