SMK VISKA SUKSESKAN GERAKAN NASIONAL AKSI BERGIZI DI SEKOLAH

Surakarta, 26 Oktober 2023 – dilaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Sekolah yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMK Negeri 6 Surakarta, sejumlah 539 siswa. Siswa-siswi berkumpul di lapangan depan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Purwosari dan Rumah Sakit Kasih Ibu. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. ,M.Pd yang sangat mendukung salah satu kegiatan positif ini. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan Senam TTD (Tablet Tambah Darah) bersama yang dipandu oleh tim dari Puskesmas Purwosari.

Setelah senam bersama, siswa-siswi duduk di sekitar lapangan depan untuk mendengarkan pemaparan materi oleh dr. Dikahayu Alifia Anugrah, Sp.A. atau biasa dipanggil dokter Dika dari Rumah Sakit Kasih Ibu. Pemilik akun instagram @drdika.spa ini sangat aktif membagikan konten-konten edukasi tentang kesehatan anak dan remaja.

Dokter Dika menyampaikan tentang pentingnya memperhatikan makanan yang dikonsumsi, salah satu bentuk aksi bergizi yaitu dengan memperhatikan “isi piringku”, yang menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Dalam hal ini, makanan dengan gizi seimbang akan berpengaruh sebagai penentu masa depan bangsa, selain itu tablet tambah darah dan zat besi juga sangat penting karena membantu produksi hemoglobin (hb) terutama untuk anak perempuan.

Siswa-siswi juga sangat antusias dengan materi yang diberikan, terbukti dengan banyaknya siswa-siswi yang mengajukan pertanyaan. Dilanjutkan dengan sarapan bersama sebagai salah satu bentuk aksi bergizi dan mengonsumsi bersama tablet tambah darah oleh seluruh siswi perempuan sebagai upaya pencegahan anemia.

Tidak berhenti sampai di situ, SMK Negeri 6 Surakarta bersama Puskesmas Purwosari melakukan pengecekan kesehatan terhadap seluruh siswa-siswi kelas X yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 26 dan 27 Oktober 2023. Dimulai dari mengisi formulir untuk dapat mengikuti rangkaian pengecekan kesehatan. Setelah itu, diarahkan untuk menimbang berat badan, mengukur lingkar lengan, dan mengukur tinggi badan. Kemudian mengecek hemoglobin yang hanya ditujukan untuk siswi perempuan.

Serangkaian kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Sekolah berjalan dengan lancar dan sukses. Diharapkan seluruh siswa-siswi SMK Negeri 6 Surakarta menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rutin minum TTD (Tablet Tambah Darah) untuk siswi perempuan.

Oleh: Lidya Putri Herawati dan Tim PMR (Inaya XI MP 1, Enggar XI ULP 1, Qonita XI MP 1)