PENTAS BUDAYA PARADE NUSANTARA DALAM SUMPAH PEMUDA

Senin, 30 Oktober 2023. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, SMK Negeri 6 Surakarta mengadakan upacara peringatan yang diadakan di lapangan depan. Upacara berlangsung secara hikmat dengan diikuti oleh semua peserta didik, seluruh guru dan karyawan SMK Negeri 6 Surakarta serta dipimpin langsung oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. Peringatan ini merupakan momentum untuk mengingat kembali perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Pada masa ini, peran pemuda tidak hanya terbatas pada kelas-kelas sekolah saja, tetapi pemuda adalah motor penggerak pembangunan di segala bidang.

Di tengah tantangan global, kita perlu menjadi pemuda yang kreatif, inovatif dan berprestasi serta menguasai teknologi guna menjawab tantangan zaman. Pada waktu upacara ini pula, diadakan penyerahan piagam kejuaraan dari prestasi yang diperoleh siswa-siswi SMK Negeri 6 Surakarta, diantaranya: Juara 1 lomba Guiding Olimpiade Pariwisata atas nama ananda Octavia Cantika Ramadhani siswi kelas XII ULP 1, yang diselenggarakan oleh Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan Pentas Seni dan Budaya Parade Nusantara yang sangat meriah dengan menampilan pentas tari dari berbagai daerah di nusantara yang dipentaskan oleh siswa-siswi SMK Negeri 6 Surakarta dengan pembimbing Bapak Tri Purwadi, S.Pd. Pentas Budaya Parade Nusantara berlangsung meriah dan begitu memukau karna terlihat sangat indah baik dari segi gerak, keluwesan dan gaya busana serta nuansa keceriaan seolah dapat menyihir para penonton atau peserta lainya sehingga suasana pagi yang cerah dan terik mentari di pagi hari tak terasakan, karena begitu antusias menikmati tampilan Pentas Parade Budaya Nusantara.

Dalam Pentas Parade Nusantara juga dinyanyikan lagu Ayo Rukun yang begitu kompak dan apik bahkan Ibu kepala sekolah, Ibu Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. beserta semua guru karyawan serta peserta didik lainnya ikut langsung bernyanyi bersama.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 dan Pentas Parade Budaya Nusantara di SMK Negeri 6 Surakarta menunjukkan cerminan budaya di sekolah yang berkemajuan di segala bidang dengan suasana akrab, rukun, kompak dan nyaman.

 

Penulis: Lagiyo, S.E. M.Ak.