NOVEMBER CERIA, SMK VISKA GELAR WORKSHOP EKSPLORASI RAPORT PENDIDIKAN

Akulah Si Telaga Akulah Si Telaga

akulah si telaga:

berlayarlah di atasnya;

berlayarlah menyibakkan riak-riak kecil

 

yang menggerakkan bunga-bunga padma;

berlayarlah sambil memandang harumnya cahaya;

sesampai di seberang sana, tinggalkan begitu saja

perahumu biar aku yang menjaganya.

(1982)

 

Pembacaan puisi yang begitu indah oleh pembawa acara, Ibu Anis Sunarsi, S.Pd, mengawali acara workshop Eksplorasi Raport Pendidikan siang ini, Rabu, 8 November 2023. Workshop ini adalah salah satu upaya SMK Negeri 6 Surakarta dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Pelaksanaan workshop sebagai sarana meningkatkan semangat guru dalam menyukseskan program-program sekolah yang memiliki pengaruh terhadap nilai rapor pendidikan sekolah baik secara langsung maupun tidak langsung.

Rapor Pendidikan Indonesia diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim sejak April 2022. Rapor Pendidikan merupakan terobosan Merdeka Belajar Episode ke-19. Raport pendidikan merupakan platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan di satuan pendidikan. Sebagai bahan refleksi, nilai raport pendidikan dapat menjadi acuan dalam mengidentifikasi dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Melalui raport pendidikan, sekolah dapat berlomba-lomba meningkatkan nilai mutu pendidikannya. Raport pendidikan menampilkan nilai ketercapaian sekolah dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun. Ini merupakan tolok ukur prestasi siswa dan guru beserta segenap civitas dalam perannya sebagai penyedia lembaga pendidikan formal.

Siang ini, narasumber workshop, Ibu Dra. Retnaningsih, M.Pd. menjabarkan beberapa sumber data raport pendidikan, antara lain: ANBK, PMM, SIM-PKB, Dapodik, Tracer Study, Sistem Informasi Pengadaan Sekolah, dan ARKAS.

Dari penjabaran tersebut, kita jadi tahu bahwa raport pendidikan sudah mampu mempresentasikan kondisi satuan pendidikan. Melalui workhsop ini, SMK Negeri 6 Surakarta berupaya untuk meningkatkan kapabilitas dan profesionalitas guru. SMK Viska Smart dan Semangat.

 

Oleh : Novi Iswandari