KUNJUNGAN SMK NEGERI 1 MALANG KE SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Rabu, tanggal 22 Nopember 2023, SMKN 6 Surakarta menerima kunjungan dari SMKN 1 Malang dalam rangka studi tiru yang salah satu tujuannya untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing sekolah.

Kegiatan Studi tiru diikuti oleh 40 orang yang merupakan Tim Manajemen dari SMKN 1 Malang, antara lain Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian, Ketua BKK, Koordinator BP/BK, Bendahara, Katua Koperasi, Ketua Tefa, dan beberapa guru. Kedatangan rombongan disambut dengan ramah dan suasana penuh kehangatan dan kekeluargaan oleh Kepala SMKN 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd bersama dengan Tim Manajemen di aula SMK Negeri 6 Surakarta.  Acara dibuka pada jam 08.00 oleh MC sekaligus WKS Humas dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMK Negeri 1 Malang, Bapak Andri Kusdarwanto, M.Pd sekaligus memperkenalkan seluruh Tim Manajemen yang ikut hadir dalam rombongan kegiatan kunjungannya, serta menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung antara lain karena terdapat persamaan yaitu merupakan Sekolah PK selama 3 periode berturut-turut. Kemudian dilanjutkan sambutan dan ucapan selamat datang oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta sekaligus memperkenalkan Tim Manajemen yang hadir di aula antara lain WKS Kurikulum, WKS Kesiswaan, WKS Sarpras, WKS Humas, Penjamin Mutu, Ketua BKK, Koordiantor BP/BK, termasuk Ketua Program Keahlian ALK, MPLB, PM, ULP, BC dan Perfilman. Pada sambutannya beliau menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih karena sudah terpilih menjadi sekolah yang dikunjungi dan sebagai tujuan studi tiru untuk berbagi pengalaman kepada SMK Negeri 1 Malang, selain menjalin silaturahmi.

Kunjungan studi tiru antara lain ke Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), Pemasaran (PM), Usaha Layanan Pariwisata (ULP), dan Broadcast dan Perfilman (BP). Selain dengan Program Keahlian juga BKK, Manajemen Sekolah, dan seputar SMK PK. Kegiatan studi tiru dilakukan dengan cara sharing secara berkelompok yang dipimpin oleh masing-masing ketua unit kerja, yang saling bertukar informasi, bahkan berdiskusi memikirkan solusi dan tindakan yang harus dilakukan saat terdapat kendala dalam suatu kegiatan. Setelah dilakukan sharing, diskusi secara berkelompok dengan masing-masing unit kerja, dilanjutkan berkunjung ke laboratorium dan studio BC dan Perfilman, selain juga berkunjung ke unit-unit kerja lain.

Sebelum kegiatan kunjungan berakhir, Kepala SMKN 1 Malang mengucapkan terimakasih atas pemberian kesempatan untuk berkunjung ke SMKN 6 Surakarta, dan berharap agar dapat berkunjung juga ke SMKN 1 Malang untuk menjalin silaturahmi. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan foto bersama.

(Penulis : E Retna Palupi, S.Pd, M.Pd)