BASOKA

Surakarta, 25 Mei 2024 — Organisasi Rohani Islam SMK Negeri 6 Surakarta telah menyelesaikan program kerjanya dengan nama “BASOKA (Bakti Sosial Rohis Viska)” yang bertempat di Masjid Al-Mubarokah di Sambirejo, Jalan Sambeng, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta pada pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun. Kegiatan bermula dari panitia yang datang lebih awal untuk mempersiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan. Kemudian acara dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Arien dan Alifia kelas X BC selaku MC. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kak Ella selaku perwakilan pengurus Masjid Al-Mubarokah dan Bening selaku Ketua ROHIS SMK Negeri 6 Surakarta. Lalu dilanjut dengan membaca surah An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas bersama-sama.

Adik-adik TPA Masjid Al-Mubarokah terlihat sangat antusias karena mendapatkan konsumsi dan banyak doorprize. Tentunya dengan challenge-challenge yang menarik, seperti diminta membaca doa-doa harian, membaca surah pendek, dan yang lainnya. Adik-adik TPA Al-Mubarokah usianya kisaran 4 tahun hingga 12 tahun. Mereka juga diajak untuk bermain berbagai games yang sangat seru, sehingga menambah kesan keseruannya.

Kegiatan tak berhenti sampai disitu, adik-adik kemudian disuguhkan dengan menonton film kartun religi yang berjudul “Syukur & Kufur”. Tontonan ini tentu memiliki banyak amanat di dalamnya, sehingga adik-adik diharapkan dapat memetik hikmahnya juga mengajarkan mereka pentingnya bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Kemudian dilanjutkan dengan tausyiah singkat yang disampaikan oleh Ust. Badarudin Muhammad Khadam, S.Pd.I selaku salah satu Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 6 Surakarta. Tausyiah berlangsung sangat menyenangkan karena diselipkan kuis-kuis berhadiah, sehingga adik-adik sangat antusias mendengarkan tausyiah beliau. Adik-adik TPA Al-Mubarokah mendengarkan tausiyah beliau dengan sangat baik, hingga mereka dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Usai tausyiah singkat diberikan, dilanjutkan dengan penyerahan bakti sosial oleh Ketua ROHIS SMK Negeri 6 Surakarta kepada Kak Narita perwakilan pengurus Masjid Al-Mubarokah. Kemudian acara ditutup, adik-adik TPA Al-Mubarokah diperbolehkan untuk pulang pada pukul 11.00 WIB. Tak lupa seluruh panitia melakukan kegiatan bersih-bersih Masjid hingga selesai seperti semula dengan baik dan tertib.

 

Oleh: Inaya Kalila (XI MP 1)