SOSIALISASI BATIK SOLO TRANS DAN APLIKASI GRAB DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Hari Senin, 20 Mei 2024, SMK Negeri 6 Surakarta kedatangan tamu dari Dinas Perhubungan Kota Surakarta dan Grab untuk sosialisasi. Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan siswa dari kelas 10 dan kelas 11. Acara dibuka oleh perwakilan Dinas Perhubungan Kota Surakarta, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Pak Yudi Cahya Aryanto, S.Pd., M.Pd. Sosialisasi ini bertujuan untuk menyadarkan para siswa agar menggunakan transportasi umum guna mencegah kecelakaan di jalan raya yang banyak terjadi pada pelajar, serta memberikan solusi tepat untuk mengurangi masalah kemacetan dan polusi udara yang ada.

Sosialisasi pertama disampaikan oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta mengenai Batik Solo Trans, yaitu transportasi umum yang tersedia di Kota Surakarta. Penjelasan tentang pentingnya beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum disampaikan langsung kepada para siswa yang kurang memiliki kesadaran tentang syarat berkendara. Salah satu yang sangat ditekankan oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta adalah banyaknya siswa yang berkendara tanpa memiliki SIM dan kecelakaan yang banyak dialami oleh remaja, khususnya pelajar di Kota Surakarta. Jika tarif umum yang biasanya harus dibayar sebesar Rp 3.700,00, maka pada program baru yang dilaksanakan Dinas Perhubungan Kota Surakarta untuk pelajar, lansia, dan difabel ini, mereka akan mendapatkan tarif khusus.  Tarif yang dimaksud yaitu sebesar Rp 2.000,00 yang dapat meringankan beban, khususnya para pelajar yang belum memenuhi syarat berkendara.

Sosialisasi kedua disampaikan oleh Grab untuk menangani kasus para pelajar yang belum memenuhi syarat berkendara. Solusi yang tepat bagi para siswa yang belum memiliki SIM untuk beraktivitas atau berkendara di jalan raya, khususnya saat berangkat dan pulang sekolah, adalah dengan menggunakan layanan Grab. Sosialisasi ini juga mencakup penjelasan mengenai layanan yang ada pada aplikasi Grab dan penyebarannya yang sudah meluas ke berbagai negara di Asia Tenggara. Selain itu, Grab memberikan voucher promo bagi para siswa yang berani maju ke depan menjawab kuis yang diberikan.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengemudi kendaraan pribadi, khususnya para pelajar sekolah menengah, tentang pentingnya tertib berkendara dan mengurangi polusi udara yang banyak disebabkan oleh kendaraan di jalan raya.

 

Penulis:

Gisella Nuansa Andromeda & Via Wahyu Ning Tyas (XI MP 2)